Ketika berbicara tentang kerjasama antar negara, Anda pasti membutuhkan pihak ketiga untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Lebih baik menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Bagi masyarakat awam, masih banyak yang belum mengetahui apa itu penerjemah tersumpah. Apakah Anda salah satunya?Jika ya, simak uraian singkatnya di bawah ini.

Definisi layanan terjemahan tersempah

Penerjemah tersumpah adalah ahli bahasa yang telah lulus berbagai tes terjemahan dan mencapai minimal 80 poin. Setelah lolos kualifikasi, mereka mendapatkan sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Ikatan Penerjemah Indonesia.

Apakah jalan untuk menjadi penerjemah tersumpah sudah sejauh itu? Oh tidak. Satu ahli bahasa belum dikonfirmasi, yakni sumpah di hadapan gubernur DKI Jakarta.

Setelah melalui serangkaian prosedur di atas, ia menerima status layanan penerjemah tersumpah dan memenuhi syarat untuk membuka layanan. Karena sudah menjalani tes dan uji coba, kemampuannya menerjemahkan bahasa dijamin bagus.

Perbedaan antara penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah

Perbedaan antara penerjemah tersumpah dan penerjemah biasa tidak hanya berasal dari gelar resmi dan sertifikasi negara, tetapi juga dari area penerjemahan tempat mereka bekerja. Pada umumnya jasa penerjemahan tersumpah menangani dokumen yang berkaitan dengan legalitas.

Sedangkan penerjemah biasanya melakukan pekerjaan penerjemahan untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan legalitas, seperti terjemahan produk dan film tertentu.

Penilaian kualitas terjemahan yang diusulkan bersifat subjektif. Namun, jika melihat beberapa syarat yang berlaku bagi penerjemah tersumpah, seharusnya mereka memiliki keterampilan dan kredibilitas yang lebih baik daripada penerjemah biasa.

Biaya untuk layanan terjemahan bersertifikat

Umumnya, penerjemah tersumpah mengenakan biaya cukup beragam untuk per halaman dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Dan juga bisa mungkin lebih tinggi jika Anda menerjemahkan ke bahasa lain seperti Arab, Cina, Jepang, Prancis, Korea, Italia, Spanyol, dan lainnya.

Namun, jika Anda ingin lebih mudah, Anda juga dapat menyewa penerjemah yang Anda percayai seperti jasa penerjemah tersumpah dari kantor CV Solusindo Karya Nusa yang bisa melayani terjemahan yang memadai, cepat, akurat, dan berkualitas tinggi.

Demikian gambaran singkat tentang pentingnya layanan terjemahan tersumpah. Semoga dapat bermanfaat.