Manajemen pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan perlu diprioritaskan dalam pendidikan. Melalui manajemen pendidikan inilah yang akan memberikan impact yang diinginkan dalam sistem pendidikan. Namun permasalah yang sering terjadi dalam institusi pendidikan ialah kurangnya koordinasi manajemen yang baik, lalu perlukah manajemen pendidikan dilakukan disebuah institusi? Yuk simak penjelasan Teachin.id dibawah ini.

Setiap sekolah tentu memiliki visi misi yang visioner sehingga diharapkan akan menghasilkan anak-anak yang berkualitas tinggi dalam bidang pendidikan. Untuk mewujudkan visi misi tersebut tentu pemimpin maupun pemilik sekolah harus dibantu oleh manajemen pendidikan.

Manajemen pendidikan merupakan suatu proses untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya pendidikan seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan seperti perpustakaan, laboratorium dan sebagainya untuk mencapai tujuan sasaran pendidikan. Namun pada prakteknya manajemen yang digunakan masih konvensional, sehingga kurang bisa menjawab tantangan zaman dan terkesan tertinggal modernitas. Hal ini mengakibatkan sasaran-sasaran ideal pendidikan yang seharusnya bisa dipenuhi ternyata tidak bisa diwujudkan. Parahnya, terkadang para pengelola pendidikan tidak menyadari akan hal itu.

Maka dari itu hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen pendidikan ialah kualitas sumber daya manusia yang baik untuk mengelola. Namun pada prakteknya hal tersebut masih sulit dijangkau oleh institusi dalam pemenuhan kualitas manajemen yang baik karena masih banyak penyelenggara pendidikan yang beranggapan bahwa hal tersebut bukanlah suatu hal yang penting. Padahal tanpa adanya manajemen pendidikan yang baik, tentu saja suatu institusi pendidikan tidak akan dapat bergerak secara maksimal dan proses pendidikan menjadi tak seperti yang diharapkan. Maka dari itu peran guru maupun universitas dalam menghasilkan generasi penerus yang mengerti manajemen pendidikan sangatlah penting. Sehingga peran dari mahasiswa manajemen pendidikan akan menjadi faktor pendorong keberhasilan visi misi sekolah maupun pendidikan di Indonesia yang akan datang lebih besar.