Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang artinya kesamaan. Pendek kata, komunitas yang ialah sekelompok individu yang punya maksud, kepercayaan, sumber daya, kebutuhan, risiko, kegemaran, dan sejumlah kondisi lain yang sama.

Komunitas di Indonesia beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat. Tidak hanya yang punya nama besar, tapi banyak komunitas-komunitas kecil yang ada di sekolah maupun kampus. Jika disebutkan jumlah komunitas di Indonesia mungkin bisa mencapai ratusan. Lalu sebagai guru, perlukah kita ikut dalam komunitas? Dan apa manfaatnya?

Tentu sebagai guru kita sudah disibukkan dengan beragam aktifitas mulai dari menyusun program pembelajaran, mengisi nilai raport, administrasi sampai kegiatan mengawasi anak-anak murid disekolah. Rasanya ketika ditawarkan mnegikuti sebuah komunitas ialah hal yang tidak mungkin, namun ternyata mengikuti komunitas perlu dipertimbangkan loh untuk pengembangan diri. Yuk simak manfaat mengikuti komunitas yang sudah teachin rangkum dibawah ini.

  1. Learning

Bergabung dengan komunitas guru tentu kita akan mendapatkan kesempatan belajar. Setiap komunitas tentu aan memberikan kesempatan belajar terbuka dan luas bagi setiap anggota komunitasnya. Seperti pada contohnya Kelompok Guru Belajar yang di naungi oleh Ibu Najeela Shihab yang sering membuka forum bagaimana menanggulangi problematika didunia pendidikan.

  1. Networking

Dengan mengikuti komunitas tentu membuka kesempatan bagi kita untuk memperluas jaringan dan koneksi, menemukan teman-teman baru diluar jangkauan kita.

  1. Sharing experiences

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dengan bergabung kedalam komunitas akan terdapat banyak kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan anggota yang lain.

  1. Job opportunities

Kesempatan kerja jelas lebih terbuka karena diawali dengan pertemanan yang terjadi didalam komunitas.

  1. Meeting Experts

Diantara semua anggota tentunya terdapat beberapa anggota yang memang sudah termasuk kategori ahli. Keahlian dan pengalaman mereka tentunya akan dibagi juga kepada anggota komunitas yang lain

  1. Solution to problems

Saling membantu adalah ciri suatu komunitas. Jika kita berhadapan dengan sebuah masalah, maka anggota-anggota yang lain akan bahu membahu untuk membantu memecahkan masalah tersebut.

  1. Free giveaways

Goodies biasanya bertebaran didalam sebuah komunitas yang aktif. Mungkin bisa berupa bagi-bagi kaos, pin ataupun software-software khusus yang hanya dibagikan kepada anggota komunitas saja. Bahkan kita bisa mendapatkan lesson plan antar sesame komunitas.

 

Lalu, tunggu apalagi? Cek komunitas maupun forum mana yang cocok denganmu di Teachin.id !