Dalam mencari pekerjaan, dokumen-dokumen yang biasa ada dalam lamaran kerja adalah Cover Letter, Resume Curriculum Vitae (CV). Namun tahukah Anda perbedaan yang signifikan antara ke tiga dokumen tersebut. Berikut Teachin.id jelaskan beberapa perbedaan agar Lamaran Kerja Anda dilirik oleh HRD!

1. Cover Letter

CL adalah surat pengantar lamaran perihal lamaran kerja untuk CV yang akan Anda kirimkan. Cover letter juga dapat kamu jadikan sebagai ajang promosi diri. Apa yang kamu tidak bisa tuliskan di dalam CV atau resume dapat kamu tuliskan di surat tersebut. Isi Cover Letter:

Paragraf pembuka; berisikan dari mana Anda tahu info akan lowongan kerja, dan apa yang menjadikan Anda ingin melamar.

Paragraf utama: Alasan mengapa Perusahaan / Institusi pantas untuk memilih Anda untuk mengisi posisi tersebut, dengan kata lain bakat apa yang Anda miliki.

Penutup: Ucapan terima kasih, pernyataan kebenaran atas dokumen-dokumen yang akan Anda kirimkan, harapan pada proses interview, serta kontak Anda.

 

2. Resume

Merupakan satu (1) halaman dokumen yang berisi rangkuman kemampuan, kualifikasi, prestasi pendidikan Anda dan pengalaman profesional yang disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang dilamar.  

Resume dibuat dengan tujuan untuk "mengiklankan" diri kamu sesuai dengan kebutuhan lowongan yang dilamar. Di resume, kamu bisa menyesuaikan poin-poin dari dirimu sesuai dengan lowongan yang dilamar.

 

3. Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen terpenting yang wajib Anda siapkan saat ingin melamar kerja, magang hingga melamar beasiswa. CV biasanya berisi penjelasan rinci mengenai pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, latar belakang pendidikan, prestasi dan pencapaian dalam hal akademis maupun profesi.

Isi CV lebih panjang dan detail tentang mengenai Anda. Lengkap berisikan:

- Data pribadi (NIK, Alamat, Kontak, Tgl Lahir dll),

- Latar belakang pendidikan formal maupun non-formal (biasanya dari SMA hingga perguruan tinggi saja),

- Pengalaman organisasi / magang / kursus / relawan,

- Kemampuan yang Anda miliki (analisa dan praktik),

- Bahasa-bahasa yang Anda kuasai,

- Penghargaan atau Beasiswa yang pernah diterima,

- Pengalaman kerja dengan job-desc yang lebih rinci dan durasi bekerja.

 

TIPS Menyusun Lamaran Kerja.

  • Check and re-check tulisan Anda dalam dokumen hingga rapi, tidak ada kesalahan data dan tanpa typo. Susun kalimat per kalimat dengan singkat, padat dan jelas.
  • Susun ke tiga dokumen dengan tema dan warna (desain) yang rapi dan seragam, serta kualitas format yang sama.
  • Cetak dokumen-dokumen tersebut dengan warna hitam.
  • Apabila Anda pernah menjalani gap year, pastikan Anda menjelaskan aktifitas yang Anda lakukan pada tahun tersebut.

Dengan tips di atas, dijamin HRD akan melirik Paket Lamaran Kerja Anda yang eye-cathing dan menarik untuk dilihat lebih lanjut. Kemampuan kreatifitas dan ke-rapi-an akan menjadi point plus tambahan yang HRD lihat pada Anda.

Itulah penjelasan dan Tips dari Teachin.id untuk Anda semua yang sedang mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi halaman “job vacancies” teachin.id untuk temukan lowongan kerja idaman Anda dan klick apply, ya!