Agar bisa mendapatkan pencapaian yang baik selama bekerja, Anda tentu perlu bahagia selama berada di kantor, sekolah atau dimanapun tempat Anda bekerja begitupun ketika melakukan berbagai pekerjaan.

Rasa bahagia kita perlukan ketika berada di kantor, sebab kita sebagai pekerja banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di sana. Sehingga ada baiknya memilih kerja yang bisa memberi rasa bahagia. Meski begitu banyak orang yang mengeluh akan pekerjaannya, tanpa menyadari bahwa rasa tidak bahagia tersebut jika menumpuk, akan memicu masalah lainnya. Seperti kurang fokus dalam bekerja, miskomunikasi dengan rekan kerja, meningkatnya stres hingga menimbulkan penyakit.

Bekerja memang tidak mudah, apalagi jika Anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapanmu. Jangan bersedih dan malas menjalankan pekerjaanmu, sebaliknya balikkan keadaan dan buat dirimu sendiri nyaman.

Apalagi dalam proses mengajar, mood dan sikap kita sebagai Guru akan sangat menentukan lancar atau tidaknya proses pembelajaran murid. Apapun profesi yang bekerja dengan bahagia, mereka cenderung lebih produktif, bisa diandalkan oleh rekan kerjanya, bahkan dapat mengambil hati Anak Didiknya.

Kita semua pasti ingin merasa bahagia dalam bekerja bukan, Educators? Sebenarnya tidak terlalu sulit, karena ini ada hubungannya dengan pola pikir dan perilaku yang datang dari diri kita. Jika ingin bekerja dengan bahagia, beberapa tips sederhana berikut bisa Anda terapkan:

1.  Bangun Pagi dan Nikmati Sinar Matahari Pagi

Bangunlah di jam yang tepat, di mana Anda bisa menikmati pagi dengan baik dan tidak terburu-buru. Luangkan waktu untuk menikmati udara dan matahari pagi, agar Anda memiliki energi positif untuk menjalani hari.

Apabila sempat, olahraga juga sangat bagus dalam menjaga kesegaran dan rileksasi otak Anda. Tidak perlu olahraga berat, lakukan olahraga kecil dan ringan saja yang penting badan Anda bergerak. Anda akan lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan kerja di kantor dengan kondisi tubuh yang sehat.

2.  Sarapan Sehat dan Air Putih yang Cukup

Sarapan yang sehat adalah kunci untuk mempertajam daya pikir, daya ingat bahkan mengurangi efek mengantuk yang bisa timbul apabila Sarapan Anda mengandung terlalu banyak karbohidrat tanpa serat, mineral dan protein yang cukup.

Minumlah air putih yang cukup setiap harinya minimal 8 gelas per hari. Mengingat Anda akan duduk berlama-lama ketika bekerja di kantor. Selain itu, air putih juga bisa menjaga konsentrasi dan mood atau suasana hati Anda.

3.  Memulai Hari dengan Pikiran Positif

Perasaan Anda di pagi hari bisa mempengaruhi perasaan di tempat kerja sepanjang hari. Bagi yang menjalani pagi dengan suasana hati yang bahagia maka lebih produktif saat siang hari. Oleh karena itu Anda perlu memulai rutinitas pagi dengan perasaan bahagia.

Lakukan hal yang Anda senangi di pagi hari seperti menikmati kopi atau teh sebelum kerja. Coba juga mencari udara segar dengan jalan pagi sebentar. Sebuah penelitian menyebutkan 20 menit menghirup udara segar dapat meningkatkan kebahagiaan dan suasana hati yang baik.

4.  Ekspresikan apresiasimu terhadap orang lain dan diri sendiri

Anda harus menjadi positif sebelum Anda bisa menjadi bahagia. Sesederhana Anda mengucapkan terima kasih pada rekan yang membantu, atau memuji mereka yang telah berhasil melakukan sesuatu. Perkatakan apresiasimu pada mereka dan Anda akan melihat mereka tersenyum karena ulahmu. Senyum mereka itu secara otomatis bisa menular padamu juga. Selain itu, berikan apresiasi untuk diri Anda sendiri. Anda berhak untuk mendapat apresiasi dari diri sendiri.

5.  Hindari perselisihan

Jangan terlibat dengan rekan yang suka cari masalah. Lebih baik Anda menjauh atau diam daripada Anda terlibat masalah yang membuat pusing saja. Pekerjaanmu sudah cukup menguras tenaga dan otak, jangan ditambah lagi dengan berselisih dengan rekan. Fokus saja pada pekerjaan dan Anda akan baik-baik saja.

6.  Bayangkan hasil yang terbaik dari pekerjaanmu

Bayangkan bahwa Anda sudah bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan hasil yang baik. Anda pasti akan merasa terpacu untuk bisa menjadikannya nyata. Karena bayangan itulah Anda mendapat suntikan semangat yang bisa membuatmu mood bekerja dan akhirnya bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang banyak itu dengan baik.

7.  Seimbangkan Kerja dan Kehidupan

Tidak baik terlalu mencurahkan diri pada pekerjaan, tanpa jeda. Perlu ada keseimbangan antara kerja dan kehidupan. Supaya Anda tetap berenergi, produktif dan bahagia. Bila ada beberapa pekerjaan yang menuntut jam kerja lebih lama, Anda mungkin bisa minta untuk bekerja dari rumah. Sehingga mengurangi waktu lembur.

Anda tetap perlu merawat diri dengan cukup tidur, memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan olahraga teratur. Semua menjadi bagian penting untuk bisa bekerja dengan bahagia di tempat kerja. 

8.  Akhiri Kerja dengan Rasa Syukur

Cobalah sepulang kerja Anda pikirkan hal baik yang terjadi di hari itu kemudian ucapkan rasa syukur. Bisa juga menulisnya di buku, handphone atau tempat lainnya sebagai pengingat. Sehingga Anda dapat membacanya lagi ketika sedang kurang bersemangat.  Bila melakukannya secara teratur, maka kemungkinan akan muncul rasa optimis dan pandangan lebih baik terhadap kehidupan secara keseluruhan.