Jabatan fungsional guru merupakan jenjang karier terstruktur bagi pendidik yang berstatus PNS. Apa saja syaratnya?

Seperti umumnya pegawai negeri yang bertugas di institusi pemerintah lainnya, pendidik juga memiliki jenjang karier yang disebut dengan jabatan fungsional guru. Nah, tingkatan pangkat ini ditentukan oleh banyak syarat, beberapa di antaranya adalah angka kredit, prestasi, profesionalitas, dan lamanya pengabdian.

Apa Itu Jabatan Fungsional Guru?

Jabatan Fungsional Guru - palapanews

Menurut peraturan MENPAN dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009, jabatan fungsional guru adalah:

“Jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.”

Nah, dari pengertian di atas jelas bisa ditarik kesimpulan kalau jabatan fungsional guru hanya diberikan kepada pendidik yang berstatus sebagai PNS. Jenjang karier berupa jabatan fungsional ini sendiri masih dipersempit berdasarkan pangkatnya.

Selain kedudukan, pangkat ini jugalah yang membedakan jumlah gaji yang diterima seorang guru dari yang lainnya. Nah, agar lebih jelas, berikut tabel lengkap jenjang kepangkatan untuk guru berstatus PNS.

Jenjang Kepangkatan Guru

No

Golongan

/ruang

Jenjang Pangkat

Jenjang Jabatan*

Sekarang

Dulu

1

III/a

Penata Muda

Guru Pertama

Guru Madya

2

III/b

Penata Muda Tk.I

Guru Pertama

Guru Madya Tk.I

3

III/c

Penata

Guru Muda

Guru Dewasa

4

III/d

Penata Tk.I

Guru Muda

Guru Dewasa Tk.I

5

IV/a

Pembina

Guru Madya

Guru Pembina

6

IV/b

Pembina Tk.I

Guru Madya

Guru Pembina Tk.I

7

IV/c

Pembina Utama Muda

Guru Madya

Guru Utama Muda

8

IV/d

Pembina Utama Madya

Guru Utama

Guru Utama Madya

9

IV/e

Pembina Utama

Guru Utama

Guru Utama

*Penyebutan jenjang golongan pada tabel di atas diurutkan berdasarkan pangkat terendah (IIIa – Guru Pertama) sampai yang tertinggi (IV/e – Guru Utama).

Tips Agar Cepat Naik Pangkat

Tips Agar Cepat Naik Pangkat - tstatic

Buat guru PNS sepertimu yang ingin cepat mendapat promosi kenaikan pangkat, selain berkarya dengan penuh dedikasi, jangan lupa untuk terus berprestasi dengan cara:

  1. Menulis Buku

Memanfaatkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), tuangkan semua ilmu dan pengalaman mengajarmu dalam sebuah buku. Buku yang terbit dan ber-ISBN mempunyai nilai kredit 4. Lumayan membantu menambah poin untuk naik pangkat, kan?

  1. Menulis Artikel Ilmiah

Menulis Artikel Ilmiah - squarespa

 

Kerja literasi seperti menulis artikel ilmiah bagi guru ternyata bisa mempercepat proses kenaikan jabatan. Artikel ilmiah mendapat angka kredit sesuai dengan lingkungan suatu jurnal diterbitkan:

  • 3 untuk jurnal nasional
  • 2 untuk jurnal provinsi
  • 1 untuk jurnal kabupaten
  1. Menyusun Laporan Penelitian

Kalau kamu ingin cepat naik pangkat, mulai sekarang jangan malas untuk menyusun laporan hasil penelitian, ya. Laporan penelitian yang diseminarkan di MGMP tingkat kabupaten/kota dan dihadiri oleh (minimal) 15 orang dari 3 jenjang sekolah yang sama, angka kreditnya adalah 4. Namun, jika laporan hanya diarsipkan di perpustakaan sekolah tanpa diseminarkan, nilai kreditnya 2.

Itulah pembahasan singkat tentang jabatan fungsional guru dan tips agar kamu bisa naik pangkat dengan cepat. Semoga bermanfaat!