Guru menjadi kebutuhan yang sangat primer dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dengan adanya hubungan kedekatan guru dengan murid yang harmonis juga berdampak pada tingkat kehangatan dan murid menjadi patuh dan punya rasa hormat serta kepekaan yang mencirikan interaksi antara murid dan guru yang sangat harmonis dan dekat.

Hubungan murid dengan guru yang positif juga dikaitkan dengan peningkatan kompetensi sosial pada peserta didik. Bagi seorang guru kedekatan dengan murid sangat diperlukan dalam rangka meraih hati dan pikiran mereka agar lebih cepat menerima apa yang guru sampaikan. Dengan adanya kedekatan, antara guru dan murid yang menjadi objek kegiatan belajar mengajar akan menjadi efektif dan efisien.

Ada beberapa cara yang bisa untuk meningkatkan motivasi belajar murid misalnya dengan pembelajar yang inovatif menggunakan media sampai interaksi dan kerjasama yang baik. Motivasi juga mendorong timbulnya kelakuan atau suatau perbuatan. Motivasi juga sebagai pengarah maksudnya disini mengarahkan perbuatan kepada pencapaian tujuan yang diinginkan.

 

Berikut ini ada beberapa tips  untuk mendapat perhatian murid agar mereka lebih mudah menerima yang Anda sampaikan.

  • Berikan Senyuman

Seolah menyebarkan aura positif ketika berjumpa dengan orang-orang yang kita kenal, senyum merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat dalam memulai hari. Orang-orang yang tadinya mungkin memiliki mood tidak bagus akan merasa senang hanya dengan senyuman. Hal ini juga berlaku pada murid yang hendak Anda ajar. Dengan memberikan senyuman kepada mereka, Anda bisa membuat perasaan mereka terasa menyenangkan untuk belajar dan ilmu-ilmu yang diberikan tentu bisa mudah diterima nantinya.

  • Menyapa dan Salam

Usia guru sudah pasti lebih jauh dibanding muridnya. Akan tetapi, bukan berarti guru tidak boleh memberi salam terlebih dahulu. Dalam dunia pendidikan kita patut memberikan teladan yang baik. Murid kadang belum tahu, masih malu, atau faktor lain yang membuat mereka tidak bisa mengucapkan salam. Saat kita memberikan salam, sebagian anak-anak pasti akan membalas dan ada perasaan senang pada hatinya. Pintu hatinya mulai terbuka untuk kita.

  • Eye Kontak

Kontak mata sering dilupakan oleh seorang guru terhadap muridnya. Hal itu disebabkan pribadi guru tersebut bukanlah pribadi yang kental dengan modalitas visual. Berikut adalah latihan yang bisa dilakukan oleh orang yang bukan tipe modalitas visual.

  1. Pada saat berjalan, usakanlah tidak menunduk
  2. Pada saat masuk kelas sebaiknya jangan melihat lantai kelas
  3. Usahakan untuk menatap mata murid-murid ketika menjelaskan
  • Bahasa yang Santun dan Membangun

Seorang guru yang baik adalah guru yang tutur katanya baik dan mampu mengarahkan para muridnya. Hal ini bisa kita temukan ketika murid memiliki kesulitan dalam belajar. Selain menjembatani  murid untuk mengerti pelajaran-pelajaran yang diberikan, guru juga harus memberikan dorongan atau semangat kepada para murid untuk berusaha lebih giat lagi. Dengan begini, murid akan merasa dipedulikan dan bersemangat dalam belajar.

  • Memberikan Kebebasan Berpendapat

Dalam membina hubungan yang baik di dalam kelas perlu diperhatikan kebebesan dalam berfikir dan berpendapat. Bagi anda yang mengajar disekolah menengah, dalam komuniksi antara guru dengan siswa sebaiknya anda tidak melakukan komentar-komentar yang seakan-akan mengatur, bahkan menyudutkan siswa. Berikan keluasan bagi murid untuk dapat mengungkapkan ide, gagasan dan pendapatnya selama sang murid masih memperhatikan etika. Verbal agreement (persetujuan secara verbal) sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana yang saling membangun.

 

Semoga dengan tips dan trik yang diberikan ini menjadi tambahan ilmu yang bisa Anda praktikkan dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga sebagai bentuk dan kontribusi Anda  dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan kita yang merupakan salah satu program pemerintah. Tentunya dengan program pendidikan nasional, pemerintah memiliki tujuan mulia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga mampu bersaing dengan negara-negara asing nantinya.