Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat .

Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’. Maka kata ini memiliki arti yaitu proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Pendidikan masa kini tidak terlepas dari peranan pendidik yang berperan penting sebagai media pembelajaran yang harus dituntut mampu dalam mewujudkan serta mengayomi masyarakat agar mampu menempuh pendidikan yang lebih baik.

Pendidik dan peserta didik dituntut mampu dalam menggunakan media yang tersedia disekitarnya. Media yang baru tersebut itulah yang membawa perubahan besaryang berpengaruh terhadap administrasi dan fasilitas sekolah yang kini dinilai fungsinya, metode pembelajaran , serta perubahan perilaku terhadap pendidik dan peserta didik.

Agar media pembelajaran dapat bergerak secara optimal diperlukan sesuatu yang baru, yang dapat berperan dalam pengelolaan dan penyusunan strategi, implementasi, dan evaluasi program pendidikan secara penuh.

Semakin maju suatu budaya maka semakin banyak media canggih teknologi yang dapat digunakan. Meskipun banyak diantara kita masih ada yang belum menyadari akan adanya hal tersebut atau mungkin belum berkempatan dalam mengunakannya. Teknologi banyak di dalam bidang kehidupan, diantaranya dibidang pendidikan.

Peranan media teknologi informasi pelan-pelan mulai dilakukan, seperti langkahuntuk menerapkan BSE(Buku Sekolah Elektronik) gratis oleh Kemendiknas yang pantas diacungi jempol. Apakah langkah ini sudah efektif tanpa inovasi lebih lanjut? seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak yang belum menyadari betapa bermanfaatnya media pendidikan namun masih belum bisa berkesempatan menggunakannya. Dimana peranan teknologi informasi sudah sangat maju ke media yang lebih atraktif dan interaktif. Dimana kita harusnya kita sudah tidak harus bingung dimana tempat kita mencari informasi Edukasi dan Aktual saat ini.

Pendidikan masa kini lahir dari munculnya teknologi yang berkembang pesat dalam dunia pendidikan. Oleh karenanya, dunia pendidikan akan terus terikat dengan teknologi yang maju setiap perkembangan zaman.

Namun, tidak sedikit orang bijak berkata, ‘orang sukses tidak harus memiliki, tetapi bisa memaksimalkan sesuatu yang mereka miliki’. Pendidikan Indonesia masih tergantung didalam perkembangan zaman dan tidak sedikit pula yang tertinggal, namun itu semua tidak menjadi suatu halangan untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berembang dan maju.

Pada dasar dan tujuan pendidikan masih sama, belum berubah. Hal itu ditetapkan dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional 2003. Bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar Republik Indonesia 1945.

Sedangkan tujuan pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.(UU No. 20 tahun 2003)

Setelah mengetahui beberapa penjelasan yang membuat pendidikan Indonesia berkembang dan maju, adapun faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia adalahrendahnya sarana prasarana, kualitas guru, kesejahteraan guru, prestasi siswa, rendahnya pemerataan pendidikan dan mahalnya pendidikan.

Untuk mengatasi masalah tersebut banyak hal yang harus dibenahi dengan meningkatkan peranan pemerintah dalam mengadakan sarana dan prasarana pembelajaran. Meningkatkan kualitas guru dengan cara menyejaterakan kehidupan guru adalah salah satu factor yang cukup penting dipertimbangkan. Mengajarkan siswa-siswi agar mampu untuk bersaing dengan kemampuannya sendiri agar dapat menggapai impian yang dicita-citakan. Meratakan pemetaan pendidikan disemua daerah tanpa membeda-bedakan kualitas suatu daerah. Karena setiap daerah memilikikewajiban yang sama dalam dalam membangun negara. Oleh sebab itu setiap daerah berhak atas pendidikan yang layak untuk diperoleh, walaupun dengan sumber-sumber yang berbeda.

Adapun upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi berbagai kekurangan ini. Pemerintah pun tengah berupaya agar pendidikan di Indonesia dapat berkembang dan maju. Misalnya, memberikan pos pendidikan untuk meringankan masyarakat yang kurang mampu untuk menjalankan pendidikan untuk dirinya. Perlu dan harus kita ketahui penghasilan Negara setiap bulanya diperuntukan untuk pendidikan sebanyak 20%, demi tercapainya Indonesia yang cerdas dan berprestasi.

Adapun misi yang di lontarkan Presiden Indonesia adalah sebagai berikut:

1.Meningkatkan akses terhadap masyarakat untuk bisa menikmati pendidikan di Indonesia.

2.Menghilangkan ketidak merataan dalam akses pendidikan.

3.Meningkatkan mutu pendidikan untuk tenaga pendidik/kejuruan.

4.Pemerintah menambah program studi sekolah kejuruan.

5.Membangun infrastruktur(menambah computer, buku-buku perpustakaan) sekolah.

6.Meningkatkan anggaran pendidikan.

7.penggunaan teknologi pendidikan.

Dengan kata lain, masyarakat harus mendapat haknya dan tidak membiarkan haknya tersebut hilang begitu saja. Kehidupan butuh proses, begitupula pendidikan. Tidak ada orang yang sukses dengan cara yang biasa tapi orang sukses, menempuh pendidikannya dengan luar biasa. Dan Pendidikan dapat diartiakan, Proses dimana seseorang mengembangkan kemampuan sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya di dalam masyarakat dimana ia hidup proses sosial dimana orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol sehingga seseorang tersebut memperoleh atau mengalami perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan individu yang optimum(maksimal).