Libur telah tiba! Saatnya melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak di rumah, salah satunya adalah menonton film. Tidak hanya menyenangkan, menonton juga bisa menjadi alternatif belajar baru yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif, sosial dan emosi anak.

Dibalik ceritanya yang menarik, beberapa film menyampaikan pesan dan pembelajaran yang positif bagi perkembangan anak. Melalui film, anak-anak dapat belajar mengkonstruksikan dunia, tidak hanya menjelajah dunia tanpa bergerak tapi juga bertualang dalam sistem kehidupan yang sedang terjadi, telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi di masa mendatang. Sebagai media audio visual, film menggunakan teknik yang mampu mempengaruhi perasaan para penontonnya, hal ini kemudian di refleksikan dengan pengalaman yang pernah dilalui dan akhirnya menciptakan pengalaman menonton yang berbeda-beda bagi setiap orang. Untuk dapat menjadikan pengalaman menonton sebagai pengalaman belajar, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan setelah menonton film.

1. “Ngobrol” atau Tukar Pendapat.

Ngobrol tentang film yang baru saja ditonton merupakan cara sederhana untuk mengetahui pengalaman menonton yang dialami anak. Pada saat menonton, mungkin terdapat hal-hal yang baru diketahui anak atau perbedaan informasi yang membuatnya kesulitan merepresentasikan isi cerita. Orang tua dapat memberikan penjelasan atau menambahkan informasi sehingga anak mampu memahami cerita dan mengembangkan imajinasi Dengan mengetahui pengalaman menonton yang dialami anak, orang tua dapat menegaskan pembelajaran yang boleh diambil dari pengalaman menonton tersebut.

2.Roleplay

Bermain peran merupakan aktivitas menyenangkan yang dapat meningkatkan keberanian anak dalam mengekspresikan diri sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif dan sosialnya. Ada beberapa roleplay yang bisa dimainkan. Contohnya, menirukan tokoh favorit dalam adegan, berimajinasi membuat akhir yang berbeda, menirukan kata-kata favorit atau menebak tokoh dalam film.

3.Dadu Bertanya.

Dadu Bertanya adalah sebuah permainan yang menggabungkan diskusi dan juga roleplay. Pada setiap sisi dadu terdapat tema untuk didiskusikan atau diperankan. Tema-tema tersebut terdiri dari Karakter, Latar, Bahasa Film, Cerita, dan Pendapat. Setiap pemain melempar dadu secara bergantian lalu melakukan instruksi sesuai dengan sisi yang didapatkan. Pertanyaan yang diberikan bisa diambil dari petunjuk yang sudah disiapkan atau dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Dadu Bertanya serta penjelasannya dapat di unduh melalui www.sinedu.id secara gratis.

Bersama keluarga atau mengundang teman-teman untuk menonton bersama dan melakukan aktivitas setelah menonton akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Sebelum menonton, pastikan film yang ditonton sesuai dengan rating usia anak ya. Selamat menonton.