Militer adalah kebanggaan negara sekaligus menjadi benteng pertahanan negara. Sehingga setiap negara pasti memiliki pasukan militer yang siap sedia melindungi wilayahnya. Namun seperti yang kita tahu kekuatan tiap militer di setiap negara itu pastinya berbeda, baik dari segi kemampuan pasukan maupun senjata yang dimiliki. Dan jika kita berbicara mengenai militer Indonesia, tentu saja kekuatannya tidak bisa dibandingkan dengan negara lain.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai militer Indonesia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Oleh karena itu, blog militer LITERACYMILITER.COM yang menjadi salah satu blog militer Indonesia turut berdedikasi untuk menyampaikan berbagai informasi tentang kemiliteran di Indonesia demi meningkatkan kemampuan literasi masyarakat di bidang kemiliteran.

Fakta Nama TNI Indonesia

Mulanya hanya merupakan satuan keamanan yang terpisah di setiap daerah. Ketika namanya masih BKR, Tentara Nasional Indonesia yang kita kenal sekarang ini awalnya cuma satuan keamanan khusus setiap daerah, yang bertugas untuk melindungi keamanan masing-masing daerah (kewajibannya belum mencakup nasional). Ketika awal-awal dibentuk, satuan keamanan tersebut bukan bernama TNI. Awalnya bernama BKR (Badan Kesatuan Rakyat), lalu sempat berubah lagi namanya menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat), TRI (Tentara Republik Indonesia) hingga akhirnya menjadi TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Berhasil Membereskan Pemberontakan dalam Negeri

Kita semua tentunya sudah tahu tentang munculnya pemberontakan daerah seperti Permesta, RMS, APRA, ataupun DI/TII. Golongan-golongan itu tentunya bukan kelompok yang mudah dihancurkan, namun dengan taktik dari prajurit nasional gerakan pemisah tersebut berhasil dilibas.

Kopasssus Mendunia

Kita harus bangga dengan dengan militer di Indonesia karena salah satu pasukan khusus indonesia yaitu Kopassus terkenal diseluruh dunia akan kemampuannya. KOPASSUS memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat, menembak, mengintai, dan anti teror. Hebatnya, KOPASSUS masuk dalam jajaran 5 pasukan khusus di dunia. Dengan kemampuan itu lah mereka dikenal dengan kemampuan yang luar bisa sampai seluruh di dunia.

TNI Menjadi Pasukan Terkuat ke 15 Seluruh Dunia

Banyak yang tidak menduga bahwa kekuatan prajurit militer kita sangat kuat karena kita berpikir keterbatasan anggaran tetapi faktanya kekuatan militer kita masuk kedalam 20 besar kekuatan militer dunia, bahkan lebih baik dari Israel yang memiliki peralatan canggih.