Epoxy Lantai Beton memiliki banyak sekali manfaatnya jika diterapkan dengan teknik pencampuran yang baik serta tepat. Dan juga pemasangan atau pengaplikasianya pada lantai beton menggunakan cara yang tepat serta benar.

Namun, kegiatan pengecatan lantai menggunakan cat epoxy tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Agar mendapat hasil yang memuaskan, Anda memerlukan penyedia jasa epoxy lantai yang sudah berpengalaman di bidangnya seperti PT. BUMI ADI CITRA. Perusahaan ini sudah sangat berpengalaman di bidang konstruksi lantai selama lebih dari 20 tahun dan sudah sangat dipercaya oleh para konsumennya.

Berikut adalah 5 proses pengecatan lantai menggunakan cat epoxy:

1. Bersihkan Permukaan Lantai

Lantai beton tidak bisa serta merta langsung dicat menggunakan bahan epoxy. Anda perlu menyiapkan lantai ini terlebih dahulu sebelum akhirnya dilapisi epoxy. Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda hanya perlu membersihkan lantai tersebut dari kotoran-kotoran yang ada di permukaannya.

2. Haluskan Tekstur Lantai

Anda perlu meratakan lantai sebelum mengecatnya memakai epoxy. Di sini Anda memerlukan alat bantu yaitu mesin grinding. Mesin ini berguna untuk membersihkan permukaan lantai, menghilangkan noda membandel, menghaluskan teksturnya, serta membuka pori-pori lantai. Sehingga cat epoxy pun dapat menempel dengan sempurna.

3. Terapkan Cat Lapisan Dasar

Sama halnya seperti hendak mengecat dinding, saat mengecat lantai beton pun Anda perlu menerapkan cat dasar terlebih dahulu. Cat dasar yang digunakan di sini yaitu cat primer epoxy. Cat ini khusus untuk lantai yang akan diberi lapisan epoxy. Cat primer epoxy wajib diaplikasikan pertama kali sebagai lapisan dasar agar epoxy di atasnya dapat merekat kuat serta hasil warnanya pun optimal.

4. Terapkan Cat Plamir

Anda harus menunggu waktu sekitar 1-3 jam supaya cat epoxy primer yang baru saja diaplikasikan dapat mengering dengan sempurna. Durasi waktu pengeringan cat ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Setelah lapisan epoxy primer sudah benar-benar kering, lantas Anda bisa menerapkan cat plamir.

5. Saatnya Memakai Epoxy

Setelah lapisan plamir sudah mengering, Anda bisa mulai menerapkan cat epoxy. Ada dua jenis produk epoxy yang tersedia di pasar yaitu epoxy yang perlu ditambahi bahan hardener serta epoxy yang sudah dicampur hardener oleh pabriknya. Sedangkan menurut hasil akhirnya terdapat epoxy dengan tampilan glossy dan doff.