Di Indonesia, ada dua jenis kloset yang umum dipakai, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Dari sisi kesehatan, mana yang lebih baik? Banyak orang berpikir kloset jongkok sebagai budaya kampungan. Jauh lebih modern kloset duduk.

Fakta sebenarnya, penggunaan kloset jongkok dianggap jauh lebih sehat ketimbang kloset duduk berdasarkan sejumlah teks buku medis. Ngga percaya? Berikut kita bahas 4 manfaat positif kloset jongkok bagi kesehatan yang belum kamu tahu.

Kloset Jongkok Melemaskan Otot Puborectalis

Saat kamu buang air besar, otot puborectalis mengendurkan tekanannya di rektum sebagai proses keluarnya feses. Sebagaimana dijelaskan Henry L. Bockus dalam jurnal Gastroenterology, penggunaan kloset jongkok akan membuat tekanan otot puborectalis mengendur sehingga proses pengeluaran feses berjalan sempurna.

Kloset Jongkok Memperlancar Buang Air Besar

Menurut jurnal Digestive Diseases and Sciences oleh Dov Sikirov, penggunaan kloset jongkok mempengaruhi kelancaran proses buang air besar yang kamu lakukan. Penelitian dilakukan pada sejumlah peserta yang diinstruksikan untuk buang air besar di tiga posisi kloset berbeda.

Kloset Jongkok Membantu Meningkatkan Tekanan Intra Abdomen

Masih tercatat dalam jurnal Gastroenterology, kloset jongkok juga membuat posisi buang air besar yang kamu lakukan menjadi ideal. Saat menggunakan kloset jongkok, paha akan tertekuk pada perut sehingga kapasitas rongga perut akan berkurang dan meningkatkan tekanan intraabdomen untuk mempercepat proses pendorongan feses keluar tubuh.

Kloset Jongkok Bisa Mengurangi Sembelit dan Gejala Wasir

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh penemu Squatty Potty, kloset jongkok terbukti memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat mengurangi sembelit dan kembung, menurunkan gejala wasir dan meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan. Tak hanya itu, otot pinggul dan kontrol kantung kemih akan menjadi lebih baik karena ketegangan akan berkurang.

Nah, untuk menjaga lebih sehat lagi, kamu juga perlu memperhatikan  kapasitas penampungan dari kloset yang ada dirumah kamu. Jika sudah penuh, sebaiknya lakukan pengurasan agar tidak membuat kloset mampet dan mencemari lingkungan.

Dan untuk kamu yang tinggal di daerah Mojokerto dan sekitarnya, saat ini sudah ada jasa sedot wc Mojokerto seperti CV. Sumber Baru yang siap dipanggil kerumah kamu. Tidak perlu khawatir, untuk biaya sedot wc Mojokerto juga terbilang cukup murah dan terjangkau.