UAS atau ujian akhir semester merupakan suatu rangkaian pengujian materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa pada akhir semester. Sering kali UAS dapat menjadi beban bagi para mahasiswa, baik beban mental maupun beban emosional karena akumulasi jumlah materi yang ada dan waktu yang relatif singkat. Tetapi, jangan khawatir dan resah untuk menghadapi Ujian Akhir Semester. Ada beberapa tips yang dapat membuat perjalanan UAS menjadi lancar.

1. Ketahui Kisi-Kisi Soal UAS

Sebelum berlangsung UAS, biasanya dosen akan memberikan kisi-kisi soal yang akan keluar. Jika tidak, kamu bisa menanyakannya agar bisa mempersiapkan UAS lebih matang atau kamu bisa pelajari beberapa artikel contoh soal melalui https://www.medakita.com .

2. Tentukan Cara Belajar

Setiap mahasiswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pilihlah metode belajar yang tepat supaya bisa menguasai materi yang akan diujikan misalnya belajar kelompok atau mandiri. Selain itu kamu juga bisa menggunakan metode verbal, audio atau media lain yang membantu proses belajar.

3. Buat Manajemen Waktu

Setelah mengetahui jadwal UAS online dan menentukan cara belajar, kamu bisa mulai membagi waktu belajar dengan aktivitas lainnya. Kebanyakan mahasiswa hanya fokus belajar berjam-jam tanpa memperhatikan keseimbangan aktivitas dan pikiran. Padahal melakukan kegiatan lain juga penting agar tidak jenuh.

4. Hindari Sistem Kebut Semalam (SKS)

Salah satu metode yang paling dikenal mahasiswa adalah belajar dalam waktu semalam atau disebut sistem kebut semalam (SKS). Bagi sebagian mahasiswa mungkin bisa, namun metode ini kurang disarankan karena terlalu membebani pikiran dalam jangka waktu yang terus-menerus.

5. Review Materi dan Buat Catatan Kecil

Periksalah kembali catatan minimal 2 minggu sebelum UAS dilaksanakan. Lengkapilah catatan yang belum sempurna dengan meminta bantuan teman. Catatan yang lengkap dan tersusun dengan rapi akan membuat kita yang membaca mudah memahaminya dan tidak cepat bosan.

6. Buat Kelompok Belajar

Membuat kelompok belajar juga penting dilakukan, karena hal ini sekaligus ajang untuk sharing seputar materi UAS yang belum dipahami. Usahakan buat belajar kelompok yang waktunya tidak terlalu mepet dengan ujian. Karena biasanya saat menjelang ujian, banyak teman-teman yang memilih fokus belajar sendiri dan tidak ingin diganggu.