Transportasi saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang. Salah satu transportasi yang kerap mengantarkan masyarakat untuk bepergian jarak jauh adalah pesawat. Pesawat dapat mengantarkan Anda ke berbagai tempat tujuan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Inilah tips aman dan nyaman bagi Anda yang baru mencoba naik pesawat untuk pertama kalinya:

1. Pergi Rombongan atau Jangan Sendirian

Apabila Anda baru naik pesawat untuk pertama kali, sebaiknya tidak pergi sendirian. Ajaklah teman atau kerabat yang sebelumnya pernah terbang menggunakan pesawat. Namun, jika Anda suka pergi sendirian, sebaiknya Anda tidak malu bertanya pada petugas bandara.

2. Jangan Terlambat

Wajib datang ke bandara paling lambat satu jam sebelum pesawat berangkat jika penerbangan domestik dan dua jam sebelum pesawat berangkat jika penerbangan internasional. Sebaiknya, cek dulu jadwal boarding (naik ke pesawat) dan jarak dari rumah ke bandara. Jika Anda takut telat, Anda bisa menggunakan jasa travel seperti Nahwa Travel yang menyediakan jasa carter drop Malang Juanda, carter drop Surabaya Malang, carter drop Juanda Malang, dan carter drop Malang Surabaya .

3. Siapkan Tiket Pesawat

Jika Anda sudah tiba di bandara, Anda akan melakukan tahapan pertama yaitu pengecekan tiket. Pada tahapan ini, tunjukkan tiket atau e-tiket milik Anda serta data diri seperti KTP atau paspor apabila akan ke luar negeri.

4. Pengecekan Tas

Sebelum masuk ke boarding room atau ruang tunggu, barang bawaan Anda akan diperiksa oleh petugas. Letakkan tas atau barang bawaan Anda seperti telepon genggam, ikat pinggang, jam tangan, dan benda-benda logam lainnya ke dalam kotak yang telah disediakan bandara.

5. Masuk Ruang Tunggu atau Boarding Room

Setiap bandara memiliki boarding room atau ruang tunggu pesawat. Tahapan ini merupakan tahapan paling menenangkan penumpang karena Anda hanya tinggal menunggu pengumuman utuk masuk pesawat. Duduklah sesuai gerbang keberangkatan (gate) yang tertera di tiket pesawat. Jika mendengar pemberitahuan perpindahan gate, tanyakan pada petugas bandara yang siap sedia di sekitar Anda, lalu berpindahlah ke gate yang diminta.