Genap 6 tahun sudah Ruangguru membantu memajukan pendidikan Indonesia. Dari awal kehadirannya hingga kini, Ruangguru konsisten meluncurkan berbagai inovasi produk dan fitur untuk mempermudah pengalaman belajar di rumah agar lebih efektif. Bukan hanya untuk pelajar, namun juga para tenaga pendidik hingga masyarakat umum.

Tahun ini melalui kampanye #HidupkanMimpimu, platform penyedia layanan pendidikan terbesar di Asia Tenggara ini mengajak seluruh pelajar di Indonesia agar tetap semangat dan tak lelah bermimpi meski harus terpisah jarak untuk belajar akibat pandemi. Semangat ini pun diwujudkan dalam beberapa program unggulan yang bisa diakses selama pandemi hingga kini memasuki fase kebiasaan baru.

“Ketika mendirikan Ruangguru 6 tahun yang lalu, kami bermimpi untuk bisa memberikan akses layanan pendidikan yang lebih mudah, murah, dan berkualitas melalui teknologi. Hari ini, kami bersyukur bahwa cita-cita tersebut sudah mulai menunjukkan hasil. Kami bersyukur dan berterima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan. Hal tersebut jadi bahan bakar bagi kami untuk terus bekerja keras dan berinovasi,” ucap pendiri dan CEO Ruangguru, Belva Devara, dalam perayaan hari jadi Ruangguru ke 6.

Program lanjutan memasuki era kebiasaan baru

Memasuki era kebiasaan baru (new normal), pemerintah masih mengutamakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tahun ajaran baru 2020/2021. Untuk itulah, pada 9 Juli 2020 lalu, Ruangguru mempersembahkan program ruangkelas gratis bagi murid dan guru.

Melalui program ini, seluruh kegiatan belajar-mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka bisa dilaksanakan secara daring, mulai dari pemberian materi belajar dan tugas, diskusi antar siswa dan guru, dan penilaian hasil belajar lainnya. Meski tidak dipatok biaya, namun fasilitas yang ditawarkan ruangkelas terbilang lengkap.

Salah satunya fitur classroom yang memungkinkan guru membuat kelas sesuai dengan kebutuhan dan menggunakan fasilitas chat group guna melancarkan komunikasi. Lalu ada juga fitur Tugas agar guru dapat memberikan latihan soal berbentuk pilihan ganda maupun esai menggunakan materi sendiri atau memanfaatkan materi dari bank soal yang disediakan ruangkelas. Dengan adanya fitur Tugas, guru juga dapat menentukan batas waktu pengumpulan tugas sekolah dan mengklarifikasi pertanyaan-pertanyaan dari siswa terkait tugas tersebut melalui kolom komentar.

Dan yang tidak kalah penting yaitu fitur Materi Belajar, sehingga guru terbantu untuk menyediakan bahan belajar, baik berupa video dan rangkuman belajar dengan mengunggah berkas ataupun melampirkan tautan.

“Kami harap, dengan tersedianya ruangkelas secara gratis, bisa membantu 4 juta guru dan puluhan juta siswa di lebih dari 450 ribu sekolah di seluruh Indonesia untuk tetap belajar secara efektif. Fitur-fitur yang disediakan sudah dirancang sesuai dengan konteks kebutuhan para guru dan murid di Indonesia, sehingga harapannya bisa jauh lebih mudah untuk digunakan, baik melalui perangkat komputer maupun ponsel,” ungkap Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman.

Selain ruangguru gratis, di fase kebiasaan baru ini, pengguna Ruangguru bisa menikmati fasilitas Brain Academy Online yang bertujuan mempermudah interaksi siswa dan guru selama belajar di rumah melalui metode live teaching dan diskusi daring.

“Semenjak berlakunya kebijakan physical distancing dan PSBB di berbagai daerah di seluruh Indonesia, kami mendapatkan banyak masukan dari para orang tua bahwa mereka merasa kesulitan membagi waktu dan pekerjaan untuk mendampingi proses belajar anak selayaknya guru di sekolah. Oleh karena itu, kami harap Brain Academy Online dapat menjadi solusi bagi orang tua dan siswa, dengan menghadirkan fasilitas yang mempermudah akses bagi anak untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan mendapatkan bimbingan langsung dari guru,” ucap Vice President of Business & Operations Ruangguru, Ritchie Goenawan.

Bisa diakses sejak awal Juli, dengan Brain Academy Online, siswa dapat belajar bersama para Star Master Teachers dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan didukung fasilitas agar proses belajar semakin efisien. Adapun fasilitas yang bisa didapatkan di antaranya Klinik PR Insentif atau diskusi daring untuk membahas tugas sekolah harian, Kelas Live Teaching Interaktif yang fokus membahas materi ujian seleksi masuk perguruan tinggi dan mata pelajaran sekolah, Konsultasi Pendidikan, dan Kelas Motivatif Penunjang Belajar untuk mengasah kemampuan soft skill.

Program Ruangguru cepat tanggap di tengah pandemi

Sebelumnya, Ruangguru sudah terlebih dahulu meluncurkan beberapa program sebagai langkah cepat agar proses pembelajaran tetap berjalan lancar selama pandemi. Bahkan program-program ini langsung bisa diakses tidak lama setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan adanya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang menyebabkan sekolah dan instansi pendidikan lainnya harus tutup sementara.

Misalnya saja pada 14 Maret 2020, Ruangguru mengumumkan peluncuran Sekolah Online Ruangguru Gratis. Di program ini pelajar dari berbagai daerah di Indonesia bisa mengakses 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Tak hanya untuk murid, kepedulian terhadap para tenaga pengajar juga dituangkan dengan peluncuran program Pelatihan Guru Online di hari yang sama. Melalui program yang bisa dinikmati di aplikasi Ruangguru ini, selama 1 bulan para guru bisa mengakses 250 video dan modul pelatihan yang mencakup materi kompetensi pedagogik dan profesional. Mulai dari kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, hingga implementasi pembelajaran berbasis proyek. Sehingga, hal tersebut dapat memaksimalkan kegiatan mengajar selama pandemi.

Demi memperlancar program-program tersebut, Ruangguru tak lupa menjalin kerjasama dengan lima provider yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, by.U, dan Smartfren agar siswa bisa mendapat paket bebas kuota selama belajar dengan Ruangguru. Dengan begitu akses belajar pun jadi yang lebih mudah dan terjangkau, bahkan untuk siswa yang berada di daerah kurang ramah internet.

Berbagai upaya yang dilakukan ini pun sukses menarik perhatian para siswa. Hal itu terbukti dari data yang diterbitkan pada 16 Maret 2020, lebih dari 1 juta pelajar telah memanfaatkan fasilitas gratis ini di hari pertama peluncurannya. Bahkan pada 27 April, Sekolah Online Ruangguru Gratis juga mulai disiarkan di stasiun televisi swasta demi menjangkau lebih banyak siswa di berbagai daerah. Tepatnya melalui acara Belajar di Rumah Aja di RTV setiap hari Senin hingga Jumat pukul 07.30 – 08.00 WIB.

Program ini kemudian berlanjut dengan diadakannya Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru Gratis untuk siswa kelas 1 SD sampai 12 SMA yang dimulai pada 29 Maret-12 April 2020. Sedangkan materi try out ini mencakup Persiapan Akhir Semester (PAS) untuk seluruh jenjang (termasuk IPA dan IPS) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) program Sosial Humaniora serta Sains & Teknologi.

com-Program Skill Academy by Ruangguru. Foto: Dok. Ruangguru

Sebelumnya, pada 23 Maret, Ruangguru juga kembali meluncurkan Pelatihan Online Gratis oleh Skill Academy by Ruangguru yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan masyarakat umum selama 14 hari. Diajar langsung oleh pakar terbaik di bidangnya, peserta bisa mengikuti satu kelas hard skill maupun soft skill pilihan mulai dari pengembangan diri, desain, marketing, teknologi dan akan mendapatkan sertifikat kelulusan setelah selesai pelatihan.

Seluruh program yang Ruangguru bisa diakses oleh guru melalui laman www.kelas.ruangguru.com dan siswa di aplikasi belajar Ruangguru. Informasi lebih lanjut juga diakses melalui akun Instagram @ruangguru.

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Ruangguru