Di sepanjang pulau Jawa tersebar banyak pantai yang indah. Beberapa pantai indah ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Dikenal sebagai "The Sunrise of Java", kabupaten ini bisa menjadi tujuan liburan yang sempurna karena menawarkan perpaduan pemandangan alam dan kekayaan seni dan budaya yang mempesona.

Lantas apa saja pantai cantik di Banyuwangi? Seberapa indah panorama alam dan fasilitas wisatanya? ini catatannya!

1. Pantai Sukamade

Wisata pantai di Banyuwangi yang pertama adalah pantai Sukamade. Terletak sekitar 97 kilometer (km) barat daya Banyuwangi, tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah dan tenang karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Selain itu, pantai ini merupakan rumah bagi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur yang bertugas melindungi penyu.

2. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah memiliki pesona tersendiri berupa pasir pantainya yang terlihat berwarna pink pucat dan memiliki garis pantai yang panjang.

Selain itu, pantai ini memiliki pulau tersendiri dengan tanah merah dan tumbuhan hijau berbentuk gunung kecil. Saat air laut surut, wisatawan bisa menyebrang dan menjelajahi pulau dari dekat.

3. Pantai Bama

Terletak di kawasan Taman Nasional Baluran, Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, pantai ini memiliki daya tarik berupa pasir putih bersih dengan distorsi air laut berwarna biru yang begitu memanjakan mata.

Selain ramai dikunjungi wisatawan, Pantai Bama menjadi rumah bagi kawanan satwa liar seperti monyet dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

4. Pantai Wedi Ireng

Pantai ini dikenal tidak terlalu ramai pengunjung karena medannya dinilai cukup berat dan menantang. Namun, wisatawan dapat menggunakan jalur laut dengan naik perahu seharga Rp 40.000. Sulitnya akses ke pantai ini akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang sangat indah.

Seperti yang kami rangkum dari ihategreenjello.com tentang pesona pantai Wedi Ireng bahwa pantai ini memiliki pasir putih dengan perbukitan hijau yang terlihat sejuk dan asri. Tak hanya itu, suasana tenang, ombak yang tenang, pepohonan yang rindang, dan semilir angin yang sepoi-sepoi membuat wisatawan betah berada di Pantai Wedi Ireng.

5. Pantai Teluk Hijau

Berada di Dusun Krajen, Pesanggaran, pantai ini menawarkan perpaduan antara pantai dan hutan yang berdampingan dalam satu tempat. Selain dikelilingi pepohonan rindang, Pantai Teluk Hijau memiliki warna air biru kehijauan karena pengaruh rumput laut.

Selain pemandangan pantai yang indah, pantai yang dijuluki "Teluk Hijau" ini memiliki air terjun yang biasa digunakan pengunjung untuk membilas badan setelah berenang.