Memulai bisnis sepatu handmade berpotensi memiliki prospek yang bagus. Pasalnya, sepatu tidak hanya dibutuhkan sebagai alas kaki bagi semua orang, tetapi juga merupakan ikon fashion.

Oleh karena itu, membuka toko sepatu buatan tangan merupakan ide yang patut dicoba. Jadi bagaimana memulainya dengan tepat? Berikut penjelasannya:

1. Tulis rencana bisnis

Saat Anda mempelajari cara memulai bisnis sepatu, mulailah dengan menentukan nama merek, jenis sepatu, lokasi, dan jenis bisnis (misal Kepemilikan tunggal atau perseroan terbatas). Hal ini berpengaruh pada modal yang perlu Anda persiapkan.

2. Tetapkan tujuan dan lakukan riset pasar

Jika Anda memahami target pasar Anda, Anda dapat menyempurnakan model bisnis Anda. Anda dapat menargetkan pasar ke kelompok konsumen tertentu.

3. Pilih jenis dan model sepatu Anda

Jika Anda memilih sepatu buatan tangan, Anda harus memiliki keunikan desain yang diproduksi secara massal. Pada kategori sepatu wanita, Anda memproduksi misalnya flat, boots, sneakers, dan high heels.

Pertama, fokus pada kategori produk dengan jenis, kualitas, dan pilihan yang menarik. Setelah itu, Anda akan lebih mudah menentukan target pasar.

4. Temukan pemasok

Anda harus berhati-hati dengan langkah ini. Alasannya, Anda perlu memastikan bahan baku tersedia agar tidak tersesat saat pesanan mulai berdatangan.

Maka dari itu, pilihlah supplier sepatu yang sudah terpercaya seperti PengrajinSepatu.id yang merupakan home industri produsen pengrajin sepatu yang sudah terbukti melayani pengiriman ke berbagai kota di Indonesia. Selain memberi rasa aman kepada pelanggan harga sepatu yang ditawarkan juga cukup murah.

Karena selain memastikan memilih supplier yang terpercaya, Anda juga harus memastikan bahwa harga yang Anda dapatkan dari penjual sangat murah sehingga Anda lebih leluasa saat menjual.

5. Pilih lokasi fisik dan buat toko online

Memilih lokasi adalah langkah opsional. Namun, jika ingin membuka toko fisik, Anda perlu memilih lokasi yang strategis dan mendesain etalase yang menarik.

Dan selain membuka toko fisik, Anda juga perlu membuat toko online setidaknya di satu platform.

6. Tetapkan harga

Saat toko sepatu buatan tangan Anda sudah siap. Tetapkan harga untuk produk Anda. Pertimbangkan berapa banyak Anda membayar bahan, tenaga kerja, inventaris, pengiriman, dan pengemasan per order untuk memastikan Anda mendapat untung.

7. Buat rencana pemasaran

Rencana pemasaran akan membantu Anda mencapai target pasar dan menarik pelanggan baru. Anda dapat menggunakan TikTok, Instagram, Facebook atau bahkan membuat situs web.

Pastikan sepatu difoto dengan jelas. Ada juga foto detail yang menunjukkan keunggulan sepatu tersebut, seperti sol yang kokoh atau alas anti selip dan detail lainnya.

Anda juga dapat menawarkan kepada pelanggan Anda berbagai penawaran menarik untuk meningkatkan minat mereka dalam membeli. Misalnya promosi gratis ongkos kirim, promo payday dan promo buy 1 get one.