Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang diperoleh seseorang dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Kalori juga merupakan sumber energi yang mereka gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Meskipun penting sebagai sumber kalori dan penurunan berat badan, kelebihan kalori bukanlah hal yang baik. Karena kelebihan kalori dalam tubuh dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit lain seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

Maka tak heran jika banyak orang mencoba berolahraga untuk menyeimbangkan kalori dalam tubuh. Saat ini, jika Anda ingin tahu berapa kalori Anda yang terbakar saat berolahraga Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung kalori dan untuk aplikasinya bisa Anda temukan di Kutekno untuk rekomendasi aplikasi terbaiknya.

Berikut adalah beberapa latihan yang paling banyak membakar kalori untuk dicoba:

Berenang

Latihan pembakaran kalori yang paling populer adalah berenang. Dalam 30 menit, latihan ini membakar sekitar 198 hingga 294 kalori.

Berenang adalah olahraga yang membakar energi sekaligus meningkatkan kekuatan otot, aliran darah, serta kapasitas paru-paru dan jantung. Berenang santai selama 30 menit membakar kalori sebanyak jogging 30 menit.

Untuk meningkatkan konsumsi kalori saat berenang, Anda bisa melakukan senam aerobik panjang.

Lompat tali

Latihan ini membakar sekitar 7,6 hingga 9,8 kalori per menit. Lompat tali meningkatkan detak jantung dan membakar kalori sambil membangun kekuatan kaki dan tubuh bagian bawah. Juga, lompat tali adalah latihan yang bagus untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak ruang di rumah.

Lari cepat

Dalam 30 menit, latihan ini membakar sekitar 240 hingga 355,5 kalori. Secara umum, lari adalah olahraga terbaik untuk membakar kalori. Namun, jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berlari, Anda dapat mengurangi latihan Anda menjadi sprint intensitas tinggi.

Tubuh dengan cepat membakar kalori untuk digunakan sebagai bahan bakar untuk berolahraga. Namun lakukan pemanasan sebelum sprint dengan melakukan jumping jacks atau berlari dengan lutut tinggi.

Jumping jacks

Yang paling banyak membakar kalori adalah olahraga jumping jacks. Latihan ini membakar sekitar 8-11,8 kalori per menit.

Selain itu jumping jacks juga merupakan latihan kardio dasar yang meningkatkan detak jantung. Ini juga menawarkan latihan seluruh tubuh yang hebat. Anda tidak membutuhkan banyak tempat untuk membuat jumping jacks, sehingga Anda dapat membuatnya dengan mudah di rumah.

Sudah siapkah Anda membakar kalori dengan olahraga? Kira-kira olahraga apa yang jadi pilihan Anda?