Rumah bagi berbagai bumbu dan rempah-rempah, Indonesia memiliki begitu banyak makanan lezat untuk ditawarkan. Etnis yang kaya dan tradisi mewariskan resep khas dari generasi ke generasi telah memberkati negara ini dengan jumlah hidangan yang tidak terbatas mulai dari yang tradisional hingga yang populer, hingga yang mudah dibuat. 

Anda dapat menemukan semua bahan untuk hidangan ini di toko-toko terdekat Anda. Saat berada di rumah dalam karantina mandiri, Anda dapat memanfaatkan keterampilan memasak Anda dengan baik dan "berwisata" ke Indonesia dengan membuat ulang 5 hidangan populer Indonesia ini. Jika Anda tidak dapat menemukan bahan di toko terdekat, Anda dapat menggantinya dengan bahan pengganti dan memberikan resep sentuhan Anda sendiri.

Letakkan hidangan ini di daftar ember Indonesia Anda; Anda tidak akan kesulitan menemukan mereka ketika Anda akhirnya dapat melakukan perjalanan besok.

Nasi goreng

Hidangan yang sangat serbaguna, Nasi Goreng (secara harfiah diterjemahkan sebagai 'nasi goreng') adalah hidangan Indonesia yang berakar pada budaya Cina Selatan. Ini terutama terdiri dari nasi goreng yang dibumbui dengan potongan daging dan sayuran. Hidangan ini berawal dari kekhawatiran masyarakat tentang cara memanfaatkan sisa nasi. Tidak jelas kapan tepatnya orang Indonesia mengadopsi resep nasi goreng Cina dan memberi 'pelintiran' tradisional mereka sendiri pada Nasi Goreng, tetapi ada yang mengatakan itu terjadi sekitar abad ke-10, pada masa pemerintahan Sriwijaya ketika perdagangan antara Indonesia dan Cina berkembang.

Saat ini, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki resep khas Nasi Goreng (seperti Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Aceh, Nasi Goreng Padang, dll) dan Anda dapat menemukannya di hampir setiap sudut jalan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hidangan ini sangat serbaguna, artinya jika Anda kesulitan menemukan satu atau dua bahan, Anda selalu dapat memutar resep dengan menggunakan bahan-bahan alternatif yang sesuai dengan selera Anda dan mudah didapat.

Bahan

300 g beras bulir panjang, dimasak lalu didinginkan semalaman

3 sendok makan minyak sayur

4 butir telur besar, kocok lepas

1 sendok makan kecap manis

1 sendok makan kecap asin

Sejumput garam

Potongan protein cincang halus, seperti dada ayam, daging, udang, atau apa pun yang Anda suka



Rempah-rempah

200 gr bawang merah potong halus

20 gr bawang putih cincang halus

20 g daun bawang cincang halus (atau bisa diganti dengan daun bawang atau daun bawang)

3 buah cabai merah, cincang halus

Bagaimana membuat

Tumis semua bumbu dengan minyak sayur hingga harum. Kemudian tambahkan telur kocok dan sedikit garam, lalu aduk rata. Sebelum telur matang, segera tambahkan protein dan nasi yang telah didinginkan semalaman. Aduk lagi sebentar. Saat rasa mulai menyatu satu sama lain, tambahkan kecap manis dan kecap manis, lalu aduk rata. Nasi Goreng siap disajikan.

Rendang

Berasal dari tanah Minang di Sumatera Barat, Rendang telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena rasa gurihnya yang khas. Hidangan ini pada dasarnya terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak lambat dan direbus yang dikaramelisasi dalam santan dan campuran rempah-rempah yang kaya. Rendang secara tradisional disajikan oleh orang Indonesia untuk menghormati tamu pada acara-acara meriah seperti perayaan pernikahan dan Idul Fitri. Tradisi tersebut masih ada, namun kini Rendang bisa Anda temukan di hampir setiap restoran Minang di Indonesia.

Sedikit kesabaran dan ketekunan diperlukan untuk memasak hidangan ini, tetapi Anda dapat menemukan semua bahannya di pasar Asia terdekat. Hidangan unik ini akan menguji keterampilan Anda. Cara mudahnya adalah menggunakan bumbu rendang sapi di bawah ini. 

Bahan

1 kg daging sapi

3 cangkir santan

3 batang serai

4 lembar daun jeruk purut

Pasta kari

200 gram lengkuas, potong kecil-kecil

4 siung bawang putih besar, cincang halus

100 gram bawang merah, cincang halus

100 gram cabai merah, cincang halus

2 sendok makan biji ketumbar

sendok teh bubuk kunyit

2,5 cm jahe segar

Dua sejumput garam

1 sendok makan gula kelapa

Dua sendok makan minyak kelapa

Bagaimana membuat

Siapkan semua bahan. Potong daging sapi menjadi kotak 4 cm dengan ketebalan sekitar cm. Blender semua bahan pasta kari menjadi satu hingga halus. Tumis bumbu kari dengan minyak kelapa hingga harum lalu tuang santan ke dalam wajan. Hancurkan batang serai dan tambahkan ke wajan. Aduk rata lalu masukkan daging sapi. Masak di atas api sedang dan didihkan santan sebelum mengurangi panas hingga mendidih. Tambahkan sedikit air sesekali setiap kali rebusan akan mengering. Masak hingga daging empuk dan warnanya berubah menjadi coklat tua (perkiraan waktu: 3 jam). Rendang siap dihidangkan.

Bakso

Makanan kenyamanan penting yang dapat Anda temukan hampir di mana-mana di Indonesia, dari pedagang kaki lima hingga hotel bintang lima dan restoran kelas atas, Bakso adalah bakso kaldu yang biasanya disajikan dengan mie, sambal terasi, dan daun bawang. Apakah itu semuanya? Tidak. Ini serbaguna seperti Nasi Goreng. Ada banyak cara untuk menyiapkan Bakso, tetapi semua variasinya termasuk bakso dan kaldu. Berasal dari kata Hokkien bak-so (肉酥, Pe̍h-ōe-jī: bah-so·), yang berarti "daging empuk" atau "daging cincang", hidangan ini berakar pada masakan Cina. Seperti Nasi Goreng, tidak ada sejarah pasti kapan orang Indonesia mengadopsi resep sup bakso Cina ini sebagai milik mereka.

Banyak daerah di Indonesia yang memberi sentuhan khas pada Bakso, misalnya Bandung membuat bakso cuanki (bakso yang dibuat dari tepung kanji) dan Malang membuat bakso bakar (bakso bakar dengan kuah). Namun demikian, ini adalah hidangan menghibur yang sangat sederhana dan serbaguna yang dapat Anda coba masak sendiri selama periode tinggal di rumah ini.

Bahan

5 pon tulang sapi

1 ruas jahe, kupas

4 siung bawang putih, geprek

sepotong kayu manis 2 inci

3 buah kapulaga, ditumbuk

3 cengkeh

6 biji lada hitam

18 bakso

3 cangkir mie telur, dimasak

1/2 cangkir bawang merah goreng renyah

Bagaimana membuat

Masukkan tulang ke dalam panci dan tambahkan sedikit air. Didihkan dan buang buih yang muncul. Tambahkan jahe, bawang putih, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan merica ke dalam kaldu. Didihkan setidaknya selama dua jam, lalu saring kaldu dan tuangkan kembali ke dalam panci tanpa tulang dan aromatik. Panaskan kaldu dan didihkan, lalu tambahkan bakso. Bagi mie di antara tiga mangkuk. Jika semuanya sudah siap, tuangkan kaldu panas dan bakso langsung ke dalam mangkuk. Taburi setiap mangkuk bakso dengan bawang merah goreng renyah. Bakso siap disajikan.

Martabak

Martabak adalah makanan ringan gurih yang berasal dari resep Timur Tengah dengan nama yang sama. Ini pada dasarnya adalah panekuk telur dadar pedas yang diisi dengan potongan sayuran dan daging cincang dan dapat dibeli dari hampir semua pedagang kaki lima di Indonesia setelah matahari terbenam. Palembang dengan Martabak HAR, dan Aceh dengan Martabak Aceh, adalah dua dari sedikit daerah di Indonesia yang memberikan sentuhan tersendiri pada Martabak. Ada juga varian umum dari Martabak lainnya yang disebut Martabak Manis (daerah lain, seperti Malang, menyebutnya ‘Kue Terang Bulan’), yang pada dasarnya adalah pancake besar yang diisi dengan topping seperti cokelat, keju, dan kacang. Ini mungkin terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya tersedia di banyak toko di dekat Anda.

Bahan

250 gr daging sapi cincang

1 bawang bombay sedang, kupas dan iris

1 daun bawang kecil, dibelah dua memanjang dan diiris

1 batang daun bawang, iris halus

3 telur

1 sendok makan bubuk kari

1/2 sendok teh bubuk jinten

garam dan lada putih

Adonan

100 gr tepung terigu

25 gr tepung tapioka

250 ml air dingin

1/2 sendok teh garam

Bagaimana membuat

Isi: Tumis bawang bombay dalam minyak sayur selama beberapa detik. Masukkan daging dan tumis hingga berubah warna. Kemudian masukkan daun bawang dan lanjutkan menumis selama 2 atau 3 menit sebelum menambahkan bubuk kari, jinten, garam, dan merica. Campur semua bumbu dan masak selama 3 menit. Hapus dari panas. Masukkan isian ke dalam mangkuk dan tambahkan telur dan daun bawang. Campur dengan baik.

Adonan: Campur semua bahan dalam mangkuk sampai tercampur sempurna tanpa ada gumpalan. Kemudian tuang 2-3 sendok makan adonan ke dalam wajan anti lengket yang sudah dipanaskan sebelumnya. Pastikan adonan menutupi seluruh permukaan wajan. Hapus setelah selesai.

Martabak: Taruh 2 sendok teh isian di tengah adonan, ambil kulitnya dan lipat dari sisi ke sisi untuk menutupi isian sepenuhnya dengan cara amplop. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan di satu sisi lalu balikkan untuk memasak sisi lainnya. Sajikan hangat.

Sate Ayam

Hidangan tradisional terakhir yang begitu mudah ditemukan di Indonesia adalah Sate Ayam, sate ayam bakar yang disajikan dengan saus kacang. Dipercaya bahwa kata 'Sate' berasal dari bahasa Tamil 'catai', varian regional dari 'tacai' yang berarti 'daging', yang merupakan indikasi bahwa hidangan ini pada awalnya dikembangkan oleh pedagang kaki lima Jawa sebagai adaptasi dari kebab India. Di Sumatera Barat, ada varian hidangan Sate Ayam yang populer bernama Sate Padang, sate sapi panggang yang disajikan dengan saus pedas khas Minang.

Sate Ayam sangat mudah dibuat dan Anda dapat menemukan semua bahannya di toko lokal Anda.

Bahan

1 pon paha ayam, cincang halus

sendok teh garam

Sejumput lada putih giling

Satu sendok makan minyak biji bunga matahari

24 tusuk sate kayu

Saus kacang

1 cangkir air

5 sendok makan selai kacang

2 sendok makan kecap manis

Satu sendok makan gula aren

2 siung bawang putih, cincang

sendok teh garam

Satu sendok makan air jeruk nipis

Bagaimana membuat

Campur paha ayam, 3/4 sendok teh garam, lada putih, dan minyak biji bunga matahari dalam mangkuk besar, lalu tutup dan dinginkan selama 1-2 jam. Buat persiapan untuk memanggang dan rendam tusuk sate kayu dalam air agar tidak gosong saat dimasak. Campur air, selai kacang, kecap manis, gula merah, bawang putih, dan 1/2 sendok teh garam dalam panci kecil dan didihkan. Aduk rata. Angkat dari api dan tambahkan sedikit air jeruk nipis. Masukkan ayam yang sudah diasinkan ke tusuk sate dan masukkan tiga potong daging per batang. Masukkan saus kacang yang sudah tercampur rata ke dalam mangkuk kecil dan sisihkan. Kemudian oleskan saus di atas ayam. Panaskan wajan panggangan atau wajan besar dan masukkan tusuk sate ayam dalam kelompok di atas wajan atau wajan. Masak hingga daging ayam berubah warna menjadi cokelat, kira-kira 1 hingga 2 menit per sisi. Sajikan hangat.

Sudahkah Anda memutuskan hidangan mana yang ingin Anda coba selama di rumah? Jangan khawatir. Untuk saat ini, rasakan cita rasa Indonesia di rumah dan persiapkan diri Anda untuk menemukan makanan lezat di seluruh nusantara ini setelah keadaan membaik. Coba gunakan alat masak yang aman untuk mempertahankan gizi masakan yang ada di dalamnya.