Sebelum Anda memutuskan untuk membuat website, Anda perlu memikirkan nama website atau domain yang ingin Anda gunakan.

Nama domain dan nama situs web harus dipilih dengan bijak sehingga dapat masuk akal di masa depan tergantung pada maksud dan tujuannya. Berikut beberapa tips memilih nama domain yang bisa Anda lakukan.

1. Singkat dan mudah diingat

Pilih nama domain yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Cukup buat nama domain satu hingga dua suku kata. Jika perlu, maksimal 3 suku kata.

Nama yang pendek, sederhana, dan ringkas lebih mudah dibaca dan diingat. Namun, domain pendek biasanya menjadi sasaran orang lain.

2. Mudah untuk menulis domain

Pilih nama domain yang mudah dimasukkan. Kondisi ini mencegah calon pengunjung website Anda salah mengetik dan mengakses website orang lain.

Beberapa hal yang biasanya menyebabkan kesalahan adalah ejaan bahasa Indonesia yang lama, penggunaan angka dan tanda hubung.

3. Masukkan kata kunci

Gunakan kata kunci yang sesuai dengan tujuan situs web Anda, baik tentang bisnis atau layanan. Hal ini dapat membuat website Anda lebih mudah ditemukan dan membantu SEO tampil di halaman pencarian pertama. Misalnya, jika Anda membuat produk kulit hewan, Anda dapat menggunakan kata kunci kulit.

4. Nama Merek

Menggunakan nama merek Anda sendiri sebagai nama domain jelas merupakan hal yang cerdas untuk dilakukan. Selain mudah diingat, pengunjung dari website lain juga tidak salah. Sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal dengan menambah pengunjung melalui website.

5. Hindari angka dan tanda hubung

Angka dan tanda hubung harus dihindari jika memungkinkan. Ini dapat memperumit nama domain dan menyebabkan kesalahan ketik.

Misal domain facebook.com jadi face-book.com, ribet gak? Angka juga dapat meningkatkan risiko kesalahan ketik, baik yang dimasukkan atas nama nomor maupun dengan nomor itu sendiri.

Nah, selain 5 tips penting diatas, tentunya anda juga harus memilih tempat yang terbaik dan terpercaya untuk membeli dan cek domain tersebut.

Misal, seperti di Niagahoster, tidak hanya mendapatkan domain termurah dengan spesifikasi tinggi, anda juga bisa mendapat paket hosting dan domain dengan harga yang juga cukup terjangkau.

Itulah tips penting yang harus diperhatikan ketika ingin menentukan domain yang baik untuk website baru anda agar bisa sukses di masa depannya.