Hallo Sobat, Pastinya kamu bingung jika hpmu mati karena jatuh, entah terendam air atau peforma yang semakin menurun, disini akan admin bagikan tips memperbaikinya tapi sobat harus faham betul dengan komponen hp sobat.

Bagaimana Cara Memperbaiki IC di Ponsel?

Jika sobat memiliki telepon yang rusak, ada cara untuk memperbaiki IC (integrated circuit) di telepon jangan panik lalu mengabaikannya. integrated circuit adalah komponen elektronik yang membatasi aktivitas ponsel Anda saat rusak. Agak sulit untuk memperbaikinya, tetapi di sini, sobat akan memperbaiki IC dengan langkah-langkah sederhana.
Ponsel Anda terdiri dari sirkuit mikro terintegrasi yang berbeda seperti IC pengisian daya, IC audio, IC flash, dan sejumlah lainnya. Apa fungsi IC di ponsel? IC ini mengontrol berbagai bagian di ponsel Anda.
Selain overheating, ada alasan lain mengapa Anda memiliki masalah IC ponsel. Namun, lihat garis besar cara memperbaiki IC di telepon ini sebelum melangkah lebih jauh ke penyebabnya.

Baca Juga : Blog Techno – Berita Harian Tekno Masa Kini

Apa Penyebab IC Telepon rusak?

IC telepon rumit untuk mengetahui apakah itu rusak. Namun, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi IC yang rusak di telepon Anda.

· IC Terbakar atau Bocor
Sirkuit terpadu yang terbakar atau memiliki titik bocor rusak. Melakukan pengamatan dekat pada setiap sisi IC memungkinkan Anda untuk melihat area yang rusak. Sirkuit terpadu yang terbakar tidak dapat lagi berfungsi di ponsel Anda.

· Kondisi Panas
Dapatkah Anda membedakan status panas IC ponsel Anda? Jika ada kontras panas dengan IC yang terkait erat, Anda memiliki IC yang rusak. IC telepon yang rusak memanas secara tidak perlu saat diberi tegangan.

· Rangkaian terbuka
Rangkaian terbuka adalah rangkaian listrik yang tidak lengkap. Jika Anda memiliki IC telepon yang terbuka di ujung atau titik tertentu, sirkuit telepon Anda rusak. Pembukaan ini menciptakan pelanggaran di IC telepon.

Cara Memperbaiki IC

Sirkuit terpadu di telepon Anda adalah apa yang dapat Anda perbaiki ketika rusak. Membaca langkah-langkah DIY sederhana ini akan mempercepat proses perbaikan bahkan sebelum Anda pergi ke toko.

· Periksa Perangkat Lunak Telepon
Hal pertama yang harus Anda lakukan jika Anda tertarik pada cara memperbaiki IC di telepon adalah memeriksa perangkat lunak telepon. Kesalahan perangkat lunak dapat menyebabkan masalah telepon yang membuat Anda seolah-olah memiliki sirkuit terpadu yang rusak. Jika Anda telah memindai perangkat lunak untuk kesalahan apa pun, sekarang saatnya untuk melihat ke bagian terkait IC.

· Lihat bagian-bagian yang terkait dengan Sirkuit Terpadu Telepon
Jika perangkat lunak tidak berfungsi, ada bagian lain yang terkait dengan Sirkuit Terpadu yang juga dapat Anda periksa.

PMU: Unit Manajemen Daya [PMU] adalah chip IC yang bertanggung jawab atas pelepasan daya ke beberapa bagian telepon Anda. Selain kehadirannya di papan sirkuit tercetak telepon, telepon Anda membutuhkannya untuk dihidupkan. Lebih dari itu, chip ini adalah pecahan kecil, tetapi Anda bisa menggantinya saat rusak.
Masalah khusus yang dihadapi ketika Anda memiliki PMU yang rusak adalah telepon Anda tidak mau hidup lagi. Jika Anda ingin memperbaiki IC telepon Anda, periksa unit manajemen daya Anda untuk memverifikasi kesalahannya. Meskipun biaya perbaikan IC daya seluler mungkin besar, pilihlah penggantian chip IC daya jika PMU rusak.

CPU: Unit Pemrosesan Pusat, juga dikenal sebagai prosesor, menjalankan logika dan operasi yang diperlukan oleh sistem operasi ponsel Anda. CPU memberikan perintah untuk aktivitas telepon Anda di sirkuit terintegrasi tempat mereka berdomisili.
IC CPU yang rusak menyebabkan kesalahan permanen pada sistem operasi ponsel Anda. Sering kali, kerusakan ini berasal dari komponen solder yang longgar pada IC ponsel.

Flash / Memori: Sirkuit terintegrasi flash/memori menyimpan memori aplikasi di ponsel Anda. Mereka digunakan dalam sirkuit untuk memasok penyimpanan data ke aplikasi. Flash atau IC memori yang rusak dapat menyebabkan Anda kehilangan akses ke data Anda.

· Ganti IC yang Rusak
Salah satu cara cepat untuk memperbaiki IC pada ponsel adalah dengan mengganti bagian yang rusak secara menyeluruh. Anda harus mempertimbangkan perbaikan pengganti chip IC yang baru. IC yang rusak akan disolder dan disolder ulang dengan chip IC lain.

IC telepon Anda adalah apa yang harus Anda perbaiki saat rusak. Untuk memperbaiki sirkuit terpadu telepon, Anda harus mempertimbangkan penggantinya.

· Perbaiki Telepon dari teknisi yang berkualifikasi
Sirkuit terpadu telepon adalah chip kecil yang terdiri dari beberapa komponen kecil. IC sulit diperbaiki karena pecahannya yang kecil. Seorang teknisi adalah siapa Anda harus terlibat untuk perbaikan IC telepon Anda.

Mengganti dan memperbaiki sirkuit terpadu telepon yang rusak bukanlah tugas yang dapat Anda kerjakan sendiri. Layanan berkualitas yang dapat Anda gunakan adalah teknisi di pusat Carlcare. Teknisi yang bekerja dengan Layanan Carlcare memperbaiki IC telepon Anda dengan alat canggih.

Apa Penyebab Masalah IC di Telepon?

https://portfolium.com/entry/aishka-liang-66420

https://portfolium.com/entry/death-on-the-nile-2022

https://portfolium.com/entry/death-on-the-nile-2022-hd-1080p

https://zenodo.org/record/6087568#.Ygtaud9BzIV

https://public.flourish.studio/visualisation/8707187/

https://kandianyinghd.talentlms.com/

https://wakelet.com/wake/OsvhRiL7YC0PcvWfWxGRe

https://www.buymeacoffee.com/ayuherawati

https://noti.st/changjin2movies

https://zenodo.org/record/6089954#.YguLnd9BzIU

https://public.flourish.studio/visualisation/8710789/

https://zenodo.org/record/6090112#.YguOjd9BzIU

https://public.flourish.studio/visualisation/8710914/

https://zenodo.org/record/6090156#.YguQO99BzIU

https://public.flourish.studio/visualisation/8710987/

https://zenodo.org/record/6090210#.YguU0N9BzIU

https://public.flourish.studio/visualisation/8711114/

https://zenodo.org/record/6090236#.YguW-N9BzIU

https://public.flourish.studio/visualisation/8711191/

1. Cacat pabrikan: Terkadang masalah IC di telepon Anda langsung dari cacat pabrikan. Jika Anda membeli unit yang rusak sejak awal, kemungkinan akan mendapat masalah IC sesudahnya.

http://www.chictopia.com/photo/show/1232224-Ombo+Dalane-carrot-orange-socks

http://www.chictopia.com/dferwer-purse-reviews/dferwer/reviews/clothes-purse

https://vocus.cc/article/620b9b4afd89780001630d31

https://blogtechno.my.id/repair-ic-power/

https://sekar_j3c117134.staff.ipb.ac.id/2022/02/15/ic-power-repair/

https://coub.com/stories/4042559-how-to-repair-ic-in-phone

https://coub.com/stories/4042582-tutorial-repair-ic-in-phone

https://mediacenter.community/community/profile/icpowerrepair/

Namun, bukan hanya itu yang menyebabkan masalah IC.

2. Lonjakan daya: Daya tinggi dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada IC Anda. Misalnya, mengisi daya ponsel Anda dengan pengisi daya yang berlebihan (dengan jumlah keluaran arus yang lebih tinggi daripada yang dapat ditangani ponsel Anda) dapat menyebabkan lonjakan daya.

Lonjakan daya juga dapat terjadi jika ponsel Anda disambar petir saat mengisi daya. Jadi, jika IC ponsel Anda rusak, dapat dilacak dengan mudah ke lonjakan listrik yang terjadi sebelumnya.

3. Kelembaban: penyebab utama lain dari kerusakan IC pada ponsel adalah kandungan air di dalamnya. Ini biasanya terjadi ketika ponsel Anda terlalu dingin, atau ketika jatuh ke air. Dan dengan itu, kelembaban dapat merusak komponen sensitif perangkat Anda, termasuk IC.

Tempat Memperbaiki IC Telepon yang Rusak
Toko reparasi adalah tempat Anda dapat memperbaiki IC telepon yang rusak. Memperbaiki sendiri IC ponsel Anda bukanlah pilihan untuk dijelajahi jika Anda memiliki yang rusak. Profesional di bengkel memberi Anda alat canggih untuk memperbaiki IC telepon yang rusak.

Jika Anda menginginkan perbaikan yang andal untuk IC telepon Anda yang rusak, pusat perbaikan/layanan resmi adalah tempat yang harus dikunjungi. Dan jika Anda memiliki ponsel TECNO, Infinix, atau ponsel dengan IC yang rusak, Carlcare adalah pusat layanan resmi untuk memperbaikinya. Teknisi terampil kami selalu siap untuk memperbaiki masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan perangkat Anda.

Kesimpulan:

Membaca halaman ini memberi Anda informasi tentang cara memperbaiki IC di telepon. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan teknisi jika Anda memiliki IC yang rusak.