Beberapa orang menganggap menonton film hanya menghabiskan waktu dan membuat seseorang menjadi malas melakukan aktivitas. Selain itu banyak orang yang menganggap menonton film hanya sebagai hiburan hingga menghilangkan rasa bosan dan jenuh.

Menonton film atau serial drama menjadi salah satu kegiatan yang menghibur selama pandemi berlangsung. Selain untuk mengisi waktu luang, beberapa orang juga menjadikan kegiatan ini sebagai hobi. Setiap bulannya, terdapat film atau serial drama yang rilis melalui layanan streaming seperti Lk21 ataupun bioskop.

Jarang ada orang yang menyadari bahwa menonton film juga memiliki manfaat, yang diantaranya baik untuk kesehatan. Berikut terdapat beberapa manfaat yang diperoleh ketika menonton film.

1. Mendorong Pelepasan Emosional

Menonton film dapat mendorong seseorang untuk mengekspresikan emosi mereka seperti tertawa dan menangis, bahkan bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam hal ini. Melepas emosi memberi efek katarsis yang membuat seseorang menjadi lebih mudah dan nyaman untuk mengekspresikan diri mereka di kehidupan nyata.

2. Memberikan Inspirasi

Inpirasi bisa muncul dari mana saja, termasuk dari menonton film atau serial drama. Ketika sedang menonton, otak kita juga akan ikut berpikir dengan jalannya adegan demi adegan di dalam film.

Film atau serial drama juga dapat membuat beberapa orang mendapat inspirasi gaya busana di dalam film, sehingga dapat memberikan perubahan dalam dirinya dan inspirasi dalam bidang lainnya.

3. Membantu Memahami Kehidupan Sendiri

Pengetahuan dan kebijaksanaan telah diwariskan melalui seni bercerita. Cerita akan menawarkan berbagai perspektif berbeda dan membantu seseorang untuk memahami dunia. Dan film adalah cerita.

4. Memberi Waktu Istirahat dari Masalah

Ketika menonton film, seseorang akan fokus pada satu kegiatan. Seseorang akan menjelajahi ke waktu dan tempat yang berbeda dalam waktu singkat. Hal ini memberi kesempatan otak kita untuk beristirahat dari hal-hal yang mengganggu seperti masalah kehidupan yang berat.

5. Menciptakan Rasa Lega

Khusus apabila menonton film yang menegangkan seperti horor atau drama, hormon stres (kortisol) akan terlepas dari otak. Setelah itu diikuti oleh dopamin yang menghasilkan perasaan senang. Semua orang bisa pergi ke bioskop untuk menonton film namun hal yang menyebalkan adalah ketika harus antre lama saat memesan tiket di bioskop.