Tips Transformasi digital dalam dunia Pendidikan?




Transformasi digital pada dunia pendidikan? Sebelum kita bahas lebih jauh lagi, mari kita perhatikan lebih lanjut apa itu Transformasi digital.

Adanya revolusi industri yang terus berkembang setiap tahunnya membawa kita dalam perubahan dalam segi digital bagi perekonomian dan sistem sosial, hal ini tentu akan berakibat pada pergeseran sistem kerja kita saat ini. Lalu, Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital merupakan sebuah transformasi dari suatu sistem beralih kearah digital. Karena pada hakikatnya transformasi digital akan merujuk pada perubahan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi. seperti pada contohnya dalam kehidupan kita sehari-hari, sudah banyak dari masyarakat dunia yang tidak menggunakan surat untuk memberi kabar pada rekannya, pada era ini masyarakat sudah menggunakan perangkat telekomunikasi untuk mengirim pesan. Tak hanya itu, kita juga sudah mulai beralih dari membaca Koran lewat media cetak menjadi ke media online.

Tak hanya kehidupan sehari-hari yang telah mengalami transformasi digital, sistem pendidikan khususnya di Indonesia juga ikut merasakan adanya transformasi digital yang sedang berkembang kearah yang lebih canggih lagi.

Terdapat fakta menarik dari The World Economic Forum yang telah melaporkan The Future Jobs, dimana aka nada implikasi perubahan yang akan dihadapi didalam sistem ketenagakerjaan, ketrampilan dan proses rekrutmen. Hal inipun juga mendorong stigma bahwa anak-anak murid kita dimasa depan akan memiliki pekerjaan yang belum ada saat ini karena adanya dorongan transformasi digital ini.

Positifnya, adanya transformasi digital ini mendorong para pelaku dunia pendidikan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Sekolah maupun institusi dirasa sangat perlu untuk membekali siswa dengan keahlian yang tepat demi memenuhi tuntutan masa depan. Namun, hal yang perlu diperhatikan saat ini adalah, sudahkan institusi pendidikan mempersiapkan diri menghadapi transformasi digital didunia pendidikan untuk dapat memenuhi kebutuhan anak-anak dimasa depan?

Pada 2016 lalu, Microsoft melakukan sebuah penelitian pada beberapa Negara maju dengan mengundang 265 pemimpin disektor pendidikan untuk membahas sejauh mana mereka memahami dampak dari transformasi digital yang dihadapi dunia pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut hampir 80% lebih pemimin di industri pendidikan setuju bahwa transformasi digital akan terjadi dan membantu perkembangan pendidikan pada anak muridnya. Namun tidak sampai setengah dari pemimpin industri tersebut memiliki strategi untuk menghadapi transformasi pendidikan. Mereka sepakat strategi pertama yang perlu dilakukan mereka adalah dengan memberdayakan pelaku pendidikan terutama guru dan jajaran staff institusi untuk lebih melek pada dunia teknologi.

Pemimpin industri pendidikan ini harus mendukung para pelaku pendidikan dalam institusinya dengan memberikan mereka alat terbaik untuk dapat melibatkan siswa dalam segi kegiatan belajar mengajar. Namun masih ada beberapa faktor yang menghambat proses transformasi digital mereka, salah satunya kurangnya sumber daya manusia yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi, kurangnya penyebaran informasi betapa pentingnya menghadapi transformasi digital dalam dunia pendidikan.

Salah satu terobosan-terobosan baru yang dapat diterapkan dunia pendidikan adalah penggunaan buku yang bisa diganti dengan E-book, aplikasi Raport yang dapat diakses lewat smartphone, materi pembelajaran yang bisa didapat melalui kartu dan aplikasi.

Lalu, sudah sejauh mana transformasi pendidikan yang telah kamu lakukan?