Terlalu sering Update Social Media? Bahaya ga ya?




Sering mengunggah kehidupanmu di media sosial?

Bagaimana dampaknya saat kita sedang mencari kerja?

Di era milenial ini tentu untuk mengakses sebuah informasi dapat dilakukan sangat cepat. Tak hanya anak-anak murid saja yang bisa mengakses informasi dengan cepat, HRD maupun pimpinan disekolah yang kamu lamar pun juga bisa!

Biasanya, setelah proses interview yang telah kamu lakukan para penginterview melakukan cek data diri, mulai dari background pendidikan sebenarnya hingga kehidupan pribadi. Apa saja komunitas yang kita ikuti, emosi dalam menggunakan media sosial. Lalu? Apa saja sih dampak pada proses interview kita?

Media sosial merupakan suatu tempat untuk melihat kualitas diri anda, tentang bagaimana anda berkomunikasi, cara bicara, usahakan untuk menghapus posting lama yang tidak baik dan selalu menggunakan kata-kata yang sopan

Bagaimana dengan foto profilmu di media sosial? Usahakan untuk menggunakan foto yang baik dan menggambarkan bagaimana jati diri anda dan tentu mengikuti budaya ketimuran kita gunakanlah pakaian yang sopan.

Para pencari kandidatpun biasanya akan melihat sejarah pendidikan anda lewat media sosial, mulai dari koneksi ketika anda kuliah sampai teman-teman kantor anda terdahulu. Sekolah tentu akan mengecek dan memastikan apakah pengalaman yang anda gambarkan di CV benar adanya. Jika tidak sesuai kemungkinan anda untuk dipertimbangkan kembali.

Namun jika pada akhirnya Media sosial tersebut memberikan gambaran negative yang tak sengaja kita bagikan, hal terburuk dari dampak media sosial terhadap proses wawancaramu adalah batalnya proses kerja menuju tahap selanjutnya.