Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ? Pentingkah?




Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) ? sudahkah ikut andil dalam program tersebut? Atau bahkan belum mengenalnya? Yuk simak rangkuman Teachin.id dibawah ini!

PPG merupakan suatu program pendidikan tinggi yang dilakukan oleh guru setelah pendidikan sarjana. PPG ini deprogram selama kurang lebih 1-2 tahun setelah calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non kependidikan sarjana kependidikan. Mereka diwajibkan untuk mengikuti PPG dengan bobot atau beban belajar sebanyak 36 hingga 40 SKS.  Program ini telah dijalankan semenjak tahun 2005 menggantikan program akta IV. Dalam program pendidikan ini guru akan diberi gelar Gr di belakang nama guru tersebut karena menurut undang-undang Indonesia profesi guru setara dengan dokter sehingga gelar tersebut wajib diberikan pada guru yang telah melakukan program PPG.

Tujuan dari program PPG ini ialah meningkatkan kopetensi dan profesionalisme guru sehingga lebih siap dalam mendidik anak-anak penerus bangsa. Program PPG ini memberikan lisensi terjaminnya kualitas profesionalisme mengajar guru. adapun syarat-syarat yang patut dipenuhi untuk mengikuti program PPG yaitu;

  • 1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV)
  • 2. Guru dalam jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapatkan tugas mengajar yang sudah diangkat sampai dengan akhir tahun 2015
  • 3. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK)
  • 4. Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Keunikan dalam kebijakan ini, sarjana lulusan non kependidikan dapat mengikuti program PPG dan bersaing dengan sarjana yang empat tahun mengenyam kuliah kependidikan. Kebijakan ini tertuang pada permendikbud 87/2013 tentang PPG. Sarjana dari fakultas non FKIP dapat bebas mengajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/sederajat. Namun sarjana non kependidikan diwajibkan untuk mengikuti dan lulus saringan ujian masuk PPG dengan ujian program matrikulasi sebelum menjalani PPG. Sedangkan untuk sarjana lulusan FIKP yang linear atau sesuai dengan mata pelajaran yang diampu tidak perlu mengikuti ujian program matrikulasi tersebut. Guru adalah profesi khusus, sehingga pendidikannya juga khusus dalam waktu yang cukup.

Untuk mendaftarkan program PPG silahkan https://app.simpkb.id