Pentingkah inovasi dan kreatif untuk kita?




Mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju dimana teknologi sangat membantu menjalani kehidupan menjadi lebih mudah. Hal ini pun juga mempengaruhi pendidikan, anak-anak dengan mudahnya mendapat akses informasi. Informasi terkait ilmu pendidikan yang pada awalnya berasal dari guru dan buku kini dapat diakses hanya melalui teknologi maupun mesin pencaharian. Anak dapat mempelajari IPTEK dengan cara yang lebih menyenangkan dari sebelumnya lewat interaktif teknologi.

Di dalam era digital anak-anak dapat belajar menggunakan berbagai cara dan berbagai sumber, dan ini merupakan tantangan bagi guru untuk menemukan pendekatan yang mana yang akan dipakai dalam membantu anak-anak murid untuk belajar lebih efektif.

Gerakan ini dilakukan selama hampir 30 hari setelah waktu belajar selesai. Gerakan ini pun bukan bermaksud untuk menjadikan peserta didik hanya akan menjadi seniman, namun lebih kepada meningkatan kesenian dalam diri peserta didik sehingga dapat mengaktifkan kreatifitasnya dalam belajar.

Hal ini lah yang pada akhirnya mendorong kita para guru untuk mencari jalan yang lebih inovatif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar dalam era digital. Kita juga didorong untuk tetap mengawasi apa saja informasi yang patut diterima oleh anak-anak kita sehingga mereka mendapatkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya.



Sangat penting bagi seorang guru untuk selalu meningkatkan inovasi dan kreatifnya, mengingat sistem pendidikan konvesional di Indonesia masih berorientasi pada menghafal, dan nilai. Guru perlu membangun pembelajaran pada anak untuk lebih mahir dalam berpikir kritis terhadap masalah-masalah yang akan dihadapi. Pembelajaran kreatif merupakan salah satu metode yang dapat dikembangkan dalam mewujudkan tuntutan era digital pendidikan saat ini di antara banyak pilihan lainnya.

So, sudah tahukan betapa pentingnya ide kreatif dan inovatif seorang guru? Yuk mari kita tingkatkan kreatifitas di Teachin.id