Menjadi guru untuk generasi Milenial?? Gak masalah!




Anak-anak sekarang beda sekali ya dengan anak-anak zaman kita dulu?

Perkembangan teknologi kah yang merubahnya?

Tentu pertanyaan ini sangat banyak diperbincangkan diantara guru-guru, orang tua murid bahkan masyarakat luas. Perbedaan yang sangat signifikan dalam metode belajar maupun respon anak-anak dalam menerima ilmu dari sekolah sering dijadikan bahan evaluasi. Dimanakah letak perbedaannya? Perkembangan zaman kah? Atau memang fase pendidikan yang telah berubah?

Sebuah cerita dari seorang guru, beliau membagikan ceritanya ketika mengajar suatu kelas. Pada saat itu beliau begitu kaget ketika melihat anak muridnya yang memiliki keterampilan mengedit video lebih dari teman-teman dan gurunya. Anak muridnya itu kemudian mempraktekkan cara mengedit video dan membagikan ilmunya pada teman-teman sekelasnya. Meskipun dalam kalimat di video tersebut masih ada beberapa kesalahan dalam penyusunan kata, namun hal ini membuktikan bahwa tidak selalu perkembangan teknologi akan memberikan dampak negative pada pendidikan.

Hal ini juga menjadikan tantangan bagi para pendidik untuk lebih mengembangkan diri dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Mulai dari lebih banyak membaca berita, mengirimkan materi pelajaran lewat email maupun media lainnya. Tak hanya itu untuk mempersiapkan diri, kita juga perlu mengikuti seminar, training, maupun workshop pendidikan. Pelatihan tersebut akan membangun kita sebagai pendidik untuk lebih mengenal produk-produk digital yang berhubungan dengan pendidikan, maupun informasi metode belajar yang sesuai dengan perkembangan teknlogi saat ini. Memberikan referensi buku-buku pada anak murid lewat E-book merupakan salah satu terobosan yang bisa memberikan warna dalam metode pembelajaran yang terapkan.

Dalam era ini Teachin.id rasa guru-guru sangat akrab dengan teknologi, mulai dari penggunaan smartphone, media sosial, e-book, e-learning, kelas digital, software didunia pendidikan, website pendidikan seperti Teachin.id. Mengajar tentu akan sangat mudah ketika kita sudah terbiasa dan selalu ingin tau perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Maka dari itu, menjadi guru di era milenial? Gak masalah tuh!