Meningkatkan disiplin & etos kerja bagi guru




Membagikan kesadaran guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja sangat penting, karena hal tersebut merupakan awal mulai terbentuknya penguatan pendidikan karakter. Kemendikbud telah menggalakkan program penguatan pendidikan karakter (PPK) sejak lama demi menghasilkan anak-anak bangsa yang siap dalam era 21 ini. Terdapat 5 nilai yang harus difokuskan untuk mengembangkan pendidikan karakter yaitu religious, nasionalisme, integritas, mandiri, serta gotong royong.

Adanya gawat darurat dalam dunia pendidikan tentu data dipengaruhi oleh disiplin & etos kerja dari guru itu sendiri. Menatap ke Negara-negara maju, banyak dari masyarakat mereka yang menjadikan disiplin dan etos kerja sebagai nilai utama yang telah ditanam sejak dini. contohnya di Australia banyak guru yang menanamkan untuk disiplin dalam kehidupan sehari-hari, missal budaya mengantri, menunggu lift terbuka, maupun menyediakan tempat duduk bagi prioritas.


Meski budaya disiplin telah ada di Indonesia sejak lama, namun hal ini terkikis dengan adanya budaya instan karena era digital. Banyak dari masyarakat yang tidak mengindahkan budaya disiplin sejak dini. sebagai guru yang menjadi contoh pendidikan sangat diharapkan menampilkan karakter disiplin kepada anak-anak murid sejak dini. guru harus bisa menjadi teladan bagi para siswanya.



Contoh kecil yang bisa terapkan oleh guru, guru yang datang lebih awal ke sekolah, sehingga bisa mencotohkan anak-anak murid untuk lebih menghargai waktu. Tak hanya dalam mengajar guru juga diharapkan untuk menyelesaikan secara tepat dan efisien dalam mengerjakan tugas seperti membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil anak murid maupun laporan. Disiplin yang diterapkan ini tentu akan mempengaruhi etos kerja para guru dalam lingkungan sekolah.


Dengan disiplin guru akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak-anak. Dan begitulah seharusnya figure seorang guru yang dibutuhkan oleh Indonesia sehingga dapat memajukan pendidikan karakter anak-anak, untuk masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.