Menggunakan musik di kelas dalam era digital




Belajar merupakan kegiatan yang familiar bagi kita dan telah dilakukan sejak kita kecil. Namun sebagian orang beranggapan bahwa belajar merupakan suatu kegiatan yang membosankan, sehingga menyebabkan penyerapan materi subjek menjadi tidak bisa dipahami. Lalu apakah sudah tau manfaat apa saja yang dapat kita gunakan melalui musik sehingga bisa membantu kita dalam proses mengajar? Sudah sangat awam kita ketahui jika ada beberapa anak yang senang mendengarkan musik ketika belajar. Mendengarkan musik bagi mereka merupakan suatu dorongan semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas.

“ suasana hati memberikan pengaruh yang berarti terhadap capaian hasil belajar. Perasaan gembira, nyaman dan relaks dapat membuka peluang bagi otak untuk bekerja secara ringan. Dengan demikian, informasi yang masuk mendapat akses lebih dan tentu saja mempermudah kita untuk mengingat.” (Darmasyah, 2010)

Di Amerika, ada sebuah penelitian tentang seorang anak bernama Kevin Lane yang menggunakan lagu dalam proses belajarnya. Lane, yang pada saat itu berumur 5 tahun juga menggunakan alat musik seperti gitar, bass, drum, serta membuat lagu-lagu untuk memahami kegunaan angka dan jenis-jenis hewan. Hasilnya, Lane menjadi lebih cepat memahami dan dapat membedakan jenis-jenis hewan yang berbeda-beda melebihi dari teman sebayanya.


Musik dapat membantu kita para pendidik untuk memberikan metode pengajaran yang seru dan asik pada anak-anak namun tetap bisa mendapatkan tujuan utama kita dalam mengajar. metode ini tidak hanya diterapkan pada anak-anak paud maupun SD akan tetapi juga dapat kita terapkan hingga anak-anak didik dibangku kuliah sekalipun. Seperti menghafal sejarah dengan lagu, menghafal kalender periodik dalam bidang studi kimia dan beberapa bidang studi lainnya. Di era digital ini, tentu dibuat lebih mudah lagi dengan menggunakan tablet, maupun pc. Banyak sekali aplikasi-aplikasi music yang berkesinambungan dengan mata pelajaran yang bisa kita gunakan dalam mengajar. Beberapa guru mengatakan dengan adanya teknologi ini membantu siswa-siswa untuk mengembangkan diri menjadi lebih kreatif, memudahkan siswa dalam memahami subjek dan menghafal materi, semakin mudah pula untuk mencari materi-materi subjek. Tak hanya itu musik membantu siswa lebih relaks lagi dalam belajar.

Beberapa contoh penggunaan musik dalam mengajar yang dapat Teachin.id rangkum:

  • 1. Menggunakan music dalam pembukaan mengajar, dengan melakukan kegiatan bernyanyi bersama dapat menciptakan semangat.
  • 2. Musik sebagai obat dalam kejenuhan di tengah proses belajar mengajar.
  • 3. Menggunakan music untuk relaksasi diakhir kegiatan
  • 4. Pentas seni sekolah, dan lainnya.