Memaknai sumpah pemuda untuk membentuk anak didik mencintai Indonesia




Sebagai guru, kita merupakan tombak bagi pembentukan karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa. Profesi yang diharapkan tidak hanya memberikan ilmu bagi anak didik namun juga menjadi fasilitator anak didik mengetahui perkembangan zaman. Guru dituntut untuk membentuk anak didik yang memiliki karakter yang kuat dan baik sehingga mampu mencintai bangsanya sendiri.

Melalui momen sumpah pemuda ini, kita dapat memupuk nilai persatuan dan kesatuan bagi anak didik sehingga anak-anak dapat lebih saling menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan bangsa.

Melihat perkembangan bebas bersuara di Indonesia ini, menjadikan banyak masyarakat yang mulai tidak menghargai perbedaan padahal Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki banyak budaya. Sebagai guru hal ini merupakan beban yang sangat berat untuk menjaga penerus bangsa agar tidak menyalahgunakan kebebasan bersuara menjadi tidak mengharagai sesama.

lembaga pendidikan, baik sekolah maupun pesantren bahkan perguruan tinggi sekalipun  harus menjadi wadah untuk mencetak generasi muda yang bukan hanya mencintai agamanya tetapi harus juga mencintai bangsanya. Yuk kita sama-sama membangun pendidikan Indonesia agar lebih baik lagi ke depannya.