Kepemimpinan di abad – 21




Banyak sekali tipe-tipe Kepemimpinan dalam suatu sekolah. Pada hakikatnya tentu kita akan mengingat beberapa tipe model kepemimpinan yang pernah kita temui. Mulai dari sistem kepemimpinan yang ingin kita ikuti, hingga sistem kepemimpinan yang ingin sekali kita hindari.

Bagi anda yang sedang menjabat sebagai pemimpin sekolah, kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah anda memiliki kewajiban untuk memahami bagaimana seni kepemimpinan sekolah pada abad 21 ini.

Startegi sekolah dalam membangun kepemimpinan sangatlah penting pada abad ke-21 ini. Pada abad ke-21 ini kita dihadapkan pada anak-anak dengan generasi baru, yaitu generasi Alpha. Anak-anak ini terlahir pada tahun 2010 dan seterusnya, dan tumbuh di dunia yang berbeda dengan generasi angkatan sebelumnya. Yang harus kita pahami adalah anak-anak ini tidak pernah berkembang didunia tanpa smartphone, komputer canggih, hingga tv flat. Mereka tumbuh besar dan sangat nyaman dengan menggunakan teknologi, banyak dari anak-anak ini tumbuh besar dengan diberikan smartphone maupun tablet untuk bermain sebelum mereka bisa berjalan.

Akses teknologi yang berkembang ini menjadikan anak-anak memiliki lebih banyak akses informasi yang ingin mereka ketahui tanpa terbatas ruang dan waktu. Anak kecilpun dapat berkomunikasi dengan orang asing diseluruh belahan dunia ini hanya dengan satu sentuhan tombol saja.

Sebagai pendidik pada era ini, kita memiliki tantangan untuk membantu anak-anak cerdas ini untuk bersiap menghadapi tantangan yang tidak dapat kita ramalkan sepenuhnya. Hal ini tentu membutuhkan metode kepemimpinan yang berbeda dengan metode kepemimpinan kita dahulu yang tentu tidak akan sesuai dengan era 21 ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan menjadi pemimpin di era 21?

Para pemimpin sekolah abad ke-21 harus sangat antusias menghadapi tugas yang menantang untuk mempersiapkan anak-anak generasi Alpha ini dalam membentuk masa depan, dimana kita harus selalu berpikir secara strategis dengang tujuan dan sistem yang akan mendukung tugas sebagai pemimpin di era 21 ini. Kita harus memiliki pandangan akan sifat, keterampilan, pola pikir, dan kebiasaan yang berbeda dalam menentukan model kepemimpinan abad ke-21. Kualitas pribadi seperti rasa ingin tahu, ketekunan, ketahanan, fleksibilitas, tanggung jawab, dan kerja keras sangat pentingnya dalam kepemimpinan. Kualitas lain semakin penting bagi para pemimpin seperti; kreativitas, kewirausahaan, inovasi, pembelajaran terus-menerus, dan kerja sama tim sangat penting bagi para pemimpin masa kini.

Cara Anda berpikir dapat mengubah hidup Anda dan sekolah Anda. Mungkin terdengar seperti basa-basi, tetapi itu bukan hanya kalimat saja. Pola pikir positif membuat Anda percaya diri dan mendorong Anda untuk mengambil risiko saat dibutuhkan dan berpikir di out of the box. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk membuat strategi kepemimpinan anda yang sesuai dengan abad 21 ini.