Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengusulkan pembukaan CPNS untuk Guru




Pada Juni 2018 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan untuk megangkat 100.000 guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Yuk simak 5 hal yang guru harapkan dari orang tua:


Hal ini dikarenakan kebutuhan guru PNS di sekolah negeri meningkat hingga 988.133 orang di Indonesia. Namun menteri Muhadjir akan mempertimbangkan kembali terkait jumlah guru yang akan menjadi PNS pada 2019 nanti. Data tersebut tentu akan diteliti kembali, sementara itu terdapat sebuah gagasan memberlakukan program multi subject dimana guru tidak hanya mengajar dalam satu mata pelajaran saja namun bisa digabungkan dengan mata pelajaran lainnya.

Namun dilain sisi, kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan bahwa permintaan pengangkatan 100.000 guru honorer menjadi guru PNS tentu tidak sembarangan. Guru honorer harus tetap melewati proses perekrutan yang disiapkan untuk Aparatur Sipil Negara terlebih dahulu.

kementrian PAN-RB belum bisa memastikan kapan pembukaan pendaftaran CPNS untuk guru. Menunggu hasil dari penghitungan final jumlah kebutuhan guru PNS di Indonesia, Kementrian PAN-RB menargetkan pada bulan Agustus 2018 pengumuman pembukaan Tes CPNS bagi guru.