Karakter apa saja yang perlu kita bangun pada anak di sekolah?




Dalam era globalisasi ini kita sudah sepakat bahwa hal penting yang harus ditanamkan pada anak-anak murid ialah pendidikan karakter sehingga anak-anak dapat bertanggung jawab atas segala informasi maupun ilmu yang mereka terima. Sebagai salah satu penguhubung antara sekolah dan anak, kita para guru sangat dituntut untuk menerapi pendidikan karakter tersebut. Berikut Teachin.id rangkum 5 hal penting dari pendidikan karakter yang wajib guru terapkan pada anak-anak murid di sekolah.

Karakter Religius

Karakter ini merupakan aspek penting yang harus ditanamkan pada anak-anak. Dengan memberikan pemahaman karakter religus ini anak-anak yang terbiasa mengikuti apa yang mereka lihat dapat sedikit diberi gambaran bagaimana menjali keseharian. Anak-anak akan mulai belajar tentang hubungan antara Tuhan dengan manusia, dan antar sesama manusia. Dalam hal ini kita tidak hanya sekedar menjadi pengingat bagi anak-anak akan tetapi juga ikut serta melaksanakan bersama anak-anak dan tak luput juga membantu anak untuk memahami setiap makna dari kegiatan ibadahnya.

Jujur

Kunci dalam hubungan yang baik tentu adalah kejujuran. Membiasakan sikap jujur pada anak disetiap momen di sekolah dapat membantu anak menanamkannya dalam hidup. Anak-anak akan terbiasa, sehingga akan menciptakan rasa saling percaya dalam lingkungan anak-anak.

Peduli

Untuk meningkatkan kepedulian anak pada era globalisasi ini dimana banyak dari anak-anak yang terbawa menjadi individualis karena faktor teknlogi, sikap peduli ini sangat penting. Hal ini dapat kita terapkan mulai dari membantu teman yang sedang kesusahan, menjenguk teman yang sakit, menggalang dana untuk bencana alam, dan lainnya.

Beritahu pada anak, bahwa ketika kita ingin mengulurkan tangan pada sesame maupun teman tentu pada saatnya ketika kita yang membutuhkan bantuan tersebut aka nada yang kembali membantu kita.

Mencintai lingkungan dan sekitanya

Sebagai manusia, hubungan kita dengan alam tentu sangat dekat. Pendidikan karakter ini sangat penting dimana anak-anak akan diajarkan bahwa apa yang mereka gunakan, makan, minum, merupakan dari alam. Sehingga menjaga kebersihan, menjaga lingkungan merupakan hal yang wajib bagi anak-anak.

Membuang sampah pada tempatnya, tidak menggunakan energy berlebihan seperti listrik, menjaga kebersihan kelas, toilet, maupun ebersihan diri sendiri. Dengan begini pun anak-anak dapat diberi penjelasan bahwa apa yang mereka berikan ke alam akan kembali pada diri mereka sendiri.