ERA DISRUPSI PADA DUNIA PENDIDIKAN




Pada era ini dunia sedang menghadapi fenomena disrupsi. Apakah Disrupsi itu? Disrupsi merupakan suatu peristiwa yang sedang terjadi dimana terdapat perubahan yang bersifat mendasar. Pada hakikatnya hal ini terjadi di kehidupan kita yaitu adanya evolusi teknologi.

Pada era digital ini, hampir semua aspek kehidupan dapat diganti oleh tekhnologi sehingga mengancam eksistensi manusia itu sendiri. Hal ini juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan.

Banyak sekali inovasi pembelajaran yang berkembang, contohnya AI suatu mesin kecerdasan yang dirancang untuk membantu keseharian manusia. Dalam hal ini AI akan membantu siswa mendapatkan pembelajaran yang bersifat individual. Tentu hal ini lambat laun akan menggeser posisi guru dan proses belajar mengajar.

Hal ini akan memunculkan beragam pertanyaan seperti “Masih perlukah guru pada masa yang akan datang?”

Menurut saya peran guru tetaplah sangat penting didunia pendidikan hanya saja peran guru sedikit bergeser dari pemberi informasi menjadi pengajar nilai nilai etika, budaya, empati dalam lingkungan sosial yang tidak disediakan oleh mesin-mesin tersebut. Karena tentu dalam hal informasi guru tidak mungkin mampu bersaing dengan teknologi yang berkembang saat ini.

Namun dalam era ini guru sangat disarankan untuk memiliki metode pengajaran yang berbeda sehingga tidak menciptakan kebosanan dalam mengajar. Guru dituntut untuk menstimulan proses mengajar menjadi lebih inovatif dan menarik. Sehingga guru dapat menjadi fasilitator yang baik bagi muridnya.