Apa saja Karakteristik Pemimpin Sekolah abad 21 ?




Keberhasilan suatu sekolah tentu saja tidak akan terlepas dari baiknya kerjasama antara Guru, Kepala Sekolah, maupun Yayasan atau Pemilik sekolah untuk saling mendukung demi membuat suatu kemajuan untuk anak-anak muridnya. Namun, banyak sekali tantangan yang sedang dihadapi oleh banyak sekolah-sekolah swasta di Indonesia karena adanya kemajuan teknologi dan perkembangan pendidikan global. Menurut PISA ( programme for international student assessment) Indonesia merupakan rangking 62 dari 70 negara, sehingga menyebabkan kita tertinggal hampir 128 tahun dalam segi kualitas pendidikan dibandingkan dengan Negara-negara lain di dunia.

Hal ini tentu menjadi suatu tantangan besar bagi para pemimpin sekolah, bagaimana bisa membangun sekolah menjadi lebih baik, apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana caranya agar bisa mengembangkan sistem kepemimpinan yang kita bangun?

Berikut Teachin.id rangkum beberapa karakteristik suatu kepemimpinan yang dibahas oleh Maxine Driscoll, seorang edupreuneur Austrial yang telah menjadi pemimpin sekolah internasional di Australia:

  • 1. Memberikan kepercayaan

    perhatikan guru dan siswa Anda. Pelajari bakat, interest, dan passion mereka, lalu arahkan dengan tepat. Memberikan kepercayaan pada mereka untuk bertanggung jawab atas tugas dan project. Dukung kegiatan mereka, berikan saran pada kegiatan mereka dan pastikan Anda memuji mereka atas apa yang mereka capai.

  • 2. Komunikatif, kolaboratif, dan connected

    Mencari berbagai informasi seputar perkembangan pendidikan, dan membaginya pada guru maupun manajemen sekolah. Berusaha untuk memahami motif dibalik suatu tindakan mereka. Dan terkoneksi dengan dunia pendidikan diluar dari lingkungan sekolah.

  • 3. Energi positif

    Selalu bertindak dengan menggunakan pendekatan positif, proaktif dan peduli pada guru maupun manajemen sekolah. Luangkan waktu untuk berbicara dengan siswa, guru, dan orang tua. Kenali kebutuhan mereka, dan hargai mereka untuk membangun dan mengembangkan hubungan antar lingkungan sekolah. Untuk hal ini pastikan anda menjaga kesehatan dan energy anda setiap hari!

  • 4. Confidence

    Percaya dirilah dan terbuka pada setiap masukan maupun kritik dari luar yang dapat mengembangkan pendidikan di sekolahmu. Hargai kegiatan belajar mengajar yang telah anda perhatikan dan berikan pujian bagi pendidik yang memiliki sistem pengajaran dan pembelajaran yang efektif. Tentu sebagai pemimpin anda akan dihadapkan dalam situasi yang sulit, dalam situasi ini pastikan anda untuk tetap tenang dan percaya diri untuk mempertahankan semangat dan kepercayaan diri di komunitas sekolah. Pastikan focus anda selalu kembali pada tujuan strategi anda. Tujuan utama anda adalah membuat semua pendukung sistem sekolah bekerja secara efektif dan maju.

  • 5. Komitmen dan ketekunan

    Menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tulus adalah motivator bagi guru dan siswa Anda. Pastikan Anda membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan perkembangan sistem pendidikan di abad 21. Berikan focus anda hingga 100% untuk berkomitmen pada peningkatan sekolah. Beradaptasi ketika situasi yang tak terduga terjadi dan kemudian bertahan sampai tujuan-tujuan penting tercapai. Jangan menyerah!

  • 6. Willingness to Learn, Unlearn and Relearn

    Jangan berhenti belajar! Peluang dan kemungkinan sistem pendidikan di abad 21 sangat menarik untuk mengembangkan anda dan komunitas sekolah Anda. Seth Godin berkata, “Jika Anda tidak melakukan hal-hal yang membuat Anda takut, Anda tidak benar-benar belajar.”

  • 7. Entrepreneurial, Creative and Innovative

    Membangun Kemampuan berpikir out of the box akan sangat membantu dalam perkembangan sistem pendidikan. Kreativitas dan inovasi adalah cara hebat untuk mengelola tantangan dan kompleksitas pada sistem pendidikan abad ke-21. Dorong siswa dan guru untuk mengembangkan wawasan, fleksibel, kreatif, berpikir seperti wirausahawan dan kembangkan mitra dan sumber daya global untuk sukses di dunia pendidikan kita yang terus berubah. Kembangkan sekolah sebagai organisasi wirausaha.

  • 8. Intuitif

    Belajar mempercayai insting Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kita berhasil memecahkan masalah secara intuitif. Dengarkan suara hati Anda; it comes from a wise and good place.

  • 9. Menginspirasi

    Jadilah inspirasi! Berikan gambaran yang baik bagi guru, siswa, dan orang tua dengan pidato tentang tujuan pendidikan yang mulia, menunjukan visi dan misi sekolah. Ciptakan antusiasme dan optimisme untuk bekerja sama dalam menciptakan arah masa depan untuk sekolah.

Sudahkan menginspirasimu untuk menciptakan strategi baru dengan karakteristik yang dapat kamu bangun sendiri?