Apa itu sistem Zonasi guru ?




Pada pertengahan tahun ini kementrian pendidikan dan kebudayaan indonesia memberikan pernyataan akan adanya sistem zonasi bagi guru-guru. Apa kah sistem zonasi itu?

Sistem zonasi merupakan pembagian mutasi guru-guru yang sesuai dengan zona yang ditetapkan pemerintah. Hal ini ditujukan untuk pemerataan mutu pendidikan pada tiap-tiap sekolah yang ada di Indonesia.

Pembagian zonasi ini tidak hanya akan diterapkan disekolah negeri saja, akan tetapi juga akan diterapkan di sekolah swasta yang ingin mengikuti aturan pemerintah tersebut. Pemerintah berharap dengan adanya sistem zonasi guru ini tidak akan ada lagi stigma tentang sekolah favorit dikalangan masyarakat.

Sistem zonasi inipun juga ditujukan agar ada pemerataan pendidikan. Dimana tidak akan ada lagi sekolah yang hanya memiliki sedikit guru berkualitas disekolahnya. Hal ini juga didukung karena performa guru-guru yang dibawah rata-rata, pernyataan ini didukung oleh hasil dari ujian kompetensi guru dimana rata-rata UKG nasional 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai di angka 55.

Maka dari itu sistem zonasi guru ini diharapkan akan membantu pemerataan mutu pendidikan. Selain itu, sistem zonasi ini juga akan digunakan untuk zonasi pelatihan guru agar lebih sesuai dengan kebutuhan di zona tersebut mengingat kebutuhan kompetensi guru di setiap zona tentu akan berbeda-beda.

Berkaitan dengan zonasi ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy berencana akan menerapkan sistem zonasi pada sekolah swasta, akan tetapi penerapannya bukan sebagai kewajibaan sebagaimana yang diterapkan di sekolah negeri.

Setiap sekolah yang ingin masuk dalam sistem zonasi ini harus mengikuri aturan pemerintah, namun jika tidak makan sekolah swasta tersebut tidak bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pemerintah harus lebih memberikan perhatian dan dorongan pada sekolah swasta untuk bisa ikut dalam sistem zonasi mengingat pemerintah memiliki kewajiban untuk membina dan mengawal kualitas sekolah-sekolah swasta.