Active Learning? Apasih ?




Begitu banyak metode pembelajaran dalam dunia pendidikan, sebagai guru yang aktif tentu akan sangat tertarik pada metode-metode baru yang diterapkan di Indonesia maupun negara lainnya. Salah satu metode pembelajaran yang sering dibahas dikalangan pendidik ialah “active learning”. Apa sih active learning itu? Yuk simak penjelas Teachin.id dibawah ini.

Active learning atau pembelajaran aktif merupakan suatu pembelajaran yang mengajak para anak murid untuk belajar lebih aktif lagi, dengan mendorong anak murid untuk lebh aktif lagi dalam kegiatan belajar mengajar mereka akan didorong untuk membangun daya kreatif dan menemukan ide-ide pokok dari materi pembelajaran itu sendiri. Tidak hanya itu, anak murid akan mencoba untuk memecahkan persoalan dan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari ke dalam kehidupan sehari-hari.


Menurut Bonwell dan Eison, ,metode Active learning memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

  • 1. Penekanan proses pembelajaran bukan pada penyampaian informasi oleh pengajar melainkan pada pengembangan keterampilan       pemikiran analistis dan kritis terhadap topik atau permasalahan yang dibahas.
  • 2. Siswa tidak mendengarkan pelajaran secara pasif, tetapi mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  • 3. Penekanan pada eksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap berkenaan dengan materi pelajaran.
  • 4. Siswa lebih banyak dituntut berpikir kritis menganalisa dan melakukan evaluasi.
  • 5. Umpan balik yang lebih cepat akan terjadi pada proses pembelajaran.

  • Maka dari itu, sebagai guru metode active learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternative metode pembelajaran dikelas. Yuk kita coba praktekkan dikelas!