5 Contoh Tata Tertib di Kelas yang bisa kamu terapkan!




Pendidikan karakter merupakan hal penting yang wajib kita terapkan pada murid. Mulai dari kebiasaan memberi salam, maupun nilai-nilai moral lainnya. Salah satu pendidikan karakter yang bisa diterapkan ialah dengan membiasakan murid untuk mematuhi tata tertib di sekolah. Di sekolah tentu mempunyai aturan tata tertib bagi setiap warga sekolah tak terkecuali murid.

Bagi kita sebagai guru, sangat wajib untuk memberikan tata tertib kelas ketika kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Adanya tata tertib ini sangat wajib dipatuhi oleh semua murid yang mengikuti kegiatan di kelas.

Berikut Teachin.id rangkum 5 contoh tata tertib di kelas yang bisa kamu jadikan referensi dalam membentuk pendidikan karakter murid:


  • 1. Siswa wajib hadir tepat waktu
    Dorong murid untuk datang lebih awal, agar dapat mempersiapkan kegiatan belajar lebih efektif. Peraturan ini juga dapat membangun murid untuk lebih disiplin, menghargai waktu dan menghargai orang sekitarnya. Jelaskan kepada murid maksud dan tujuan mengapa kita membuat tata tertib ini.
  • 2. Berdo’a bersama
    PBerdo’a bersama merupakan kegiatan wajib yang perlu dilakukan oleh guru dan murid. Dengan berdo’a kita akan mendorong murid untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.
  • 3. Piket kelas
    Adanya piket kelas dimaksudkan agar anak belajar untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka miliki. Mengajarkan mereka untuk membersihkan dan merapihkan lingkungan sekitar, sehingga tertanam sifat peduli.
  • 4. Sopan santun dan menghargai
    Hal ini sangat penting bagi murid, untuk sopan santun kepada sesame dan yang lebih tua tidak terbatas hanya kepada guru namun orang-orang disekitarnya. Murid juga perlu diarahkan agar saling menghargai satu sama lain sehingga kegiatan Bullying pun akan terhindar.
  • 5. No phone
    Tata terib ini sangat wajib kita terapkan didalam kelas. Tentu telfon genggam adalah hal tersulit untuk dilarang terutama bagi murid yang mulai beranjak remaja. Perkembangan teknologi ini membiasakan murid untuk menggunakan smartphone. Namun sebagai guru kita harus mewajibkan murid untuk mematikan atau mode airplane pada smartohonenya agar tidak mengganggu ketika kegiatan belajar mengajar. Hal inipun akan membantu murid untuk lebih berkonsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
patkan manfaatnya!