application/x-httpd-php about_us.php ( HTML document, ASCII text, with very long lines ) Teachin.id - Mendidik Melampaui Batas
author
Indonesia

Kuali Peleburan di Asia Tenggara


Sebagai negara yang sudah sepakat hidup di bawah satu bendera nasional selama lebih dari tujuh puluh tahun, Indonesia terdiri dari populasi yang begitu beragam, dengan lebih dari tiga ratus kelompok etnis yang berjuang demi keharmonisan. Meskipun negara ini sudah mempunyai kelompok-kelompok penduduk aslinya, sejarah mencatat pengaruh Portugis saat mereka mencari rempah-rempah. Pernikahan-pernikahan monarki dengan keturunan raja-raja Arab dan India, para penjajah Belanda, dan pedagang-pedagang India juga Cina sudah meninggalkan jejak-jejak penting dalam menciptakan suatu kelompok masyarakat yang jauh lebih beragam.



Ketika para pemerintah memprakarsai dan memperkuat hubungan-hubungan bilateral dengan banyak negara serta memberi kontribusi-kontribusi penting dalam forum-forum internasional, negara ini semakin memperoleh kepercayaan yang lebih dari para negara maju yang mencari investasi-investasi yang berpotensi. Alhasil, gelombang imigran dari banyak negara datang dan menetap.

Terlepas dari minat-minat asing, Indonesia masih menempati peringkat ke-4 sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Ditinggali oleh kurang lebih 262 juta orang, tujuh puluh persen penduduknya termasuk dalam kelompok usia produktif, yang berarti menyediakan tenaga kerja yang sangat besar. Oleh karena itu, dengan kombinasi para investor yang berminat tersebut, bisnis-bisnis pun meningkat di berbagai sektor, seperti perdagangan, pertambangan, pertanian, pariwisata, hiburan dan pendidikan. Maka, Indonesia tumbuh menjadi salah satu dari dua puluh perekonomian terbesar di dunia.

Dengan adanya kelompok-kelompok penduduk yang multi etnis, ada permintaan yang besar dalam pengayoman dan pendidikan. Untuk melayani sepertiga dari populasi negara, pemerintah menyediakan sekolah-sekolah negeri yang menggunakan sistem pendidikan nasional, yang juga digunakan oleh sekolah-sekolah swasta. Selama bertahun-tahun, beberapa perubahan sistem pendidikan telah terjadi. Saat tiap negara mengupayakan penyempurnaan dan memahami peran kunci pendidikan, studi-studi dan beberapa pendekatan pun terus dilaksanakan. Sektor swasta menggunakan sistem yang sama dan/atau telah mengadopsi beberapa sistem pendidikan internasional serta membuka lebih banyak lingkungan belajar yang beragam untuk melayani para pembelajar yang berbeda-beda. Anak-anak Indonesia sudah mulai mendapat pengakuan di tingkat internasional. Apakah ini berarti waktu untuk memanen telah tiba? Musim tanam masih berlangsung. Apakah Anda siap menjadi bagian dari salah satu negara yang akan segera menjadi satu dari sepuluh perekonomian terbesar di dunia?

Dari berbagai sistem pendidikan di Indonesia tentunya hal lain yang perlu kita ketahui adalah persentase jumlah sekolah di Indonesia. Persentase tersebut akan mendukung pendistribusian sistem pendidikan di Indonesia, sekaligus menjadi rujukan bagi Indonesia dan negara-negara lain untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah persentase jumlah sekolah atau institusi menurut tingkat pendidikan.



Melihat persentase perkembangan sekolah di Indonesia, dapat disimpulkan bahwa pembangunan pembangunan sekolah sudah mencukupi, namun masalah di Indonesia terkait dengan persamaan pendidikan belum tuntas. Seluruh Indonesia belum merasakan perkembangan pendidikan secara merata. Hal ini disebabkan kurangnya pendidik yang berkualitas.

Tapi dengan banyak masalah di Indonesia, tidak akan menghentikan pengembangan sistem pendidikan di Indonesia. Apakah ini berarti waktu panen? Musim tanam masih dalam perjalanan. Apakah Anda siap menjadi bagian dari awal sepuluh besar ekonomi terbesar di dunia?

arrow